Berita Kotim

Pemkab Kotim Gandeng BPKP Audit Perizinan PBS Sawit, Cegah Perusahaan Lakukan Pelanggaran

Pemkab Kotim Gandeng BPKP Audit Perizinan PBS Sawit, upaya melakukan pencegahan perusahaan besar swasta Kotim melakukan pelanggaran izin operasi.

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com / Devita Maulina
Pemkab Kotim Gandeng BPKP Audit Perizinan PBS Sawit.Bupati Kotim, H Halikinnor SH MM, menyampaikan terkait rencana audit oleh tim BPKP Pusat terhadap dua group perusahan kelapa sawit di wilayah Kotim. Ia pun menyatakan dukungan penuh dan berharap tim auditor bisa bekerja maksimal. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Pemkab Kotim Gandeng BPKP Audit Perizinan PBS Sawit, upaya melakukan pencegahan perusahaan besar swasta Kotim melakukan pelanggaran izin operasi.

Sebanyak dua group perusahaan kepala sawit di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi sasaran audit Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam waktu dekat.

Menanggapi hal ini, Bupati H Halikinnor SH MM, menyatakan dukungan penuh.

Orang nomor satu di Kotim ini membeberkan pada hari ini, Kamis (15/9/2022), ia telah kedatangan tamu, yakni tim auditor dari BPKP Pusat didampingi BPKP Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Baca juga: Pemuda Kotim Nyaris Dihabisi Teman Sendiri, Cemburu Pacar Direbut, Bima Nekat Gorok Leher Rafliyadi

Baca juga: Camat Parenggean Kotim Wajibkan Setiap PBS di Wilayahnya Bantu Warga Terdampak Banjir

Baca juga: Perbaikan Jalan Lingkar Selatan Sampit Tertunda, PBS Belum Setor Diminta Segera Membayar

Tim BPKP ini menyampaikan niat sekaligus izin ke pimpinan daerah tersebut, selaku tuan rumah, bahwa akan adanya audit terhadap perusahaan kelapa sawit di wilayah bumi habaring hurung tersebut.

“Tadi pagi mereka bertamu ke rumah jabatan untuk melaporkan bahwa akan ada audit terhadap sektor sawit di wilayah ini,” bebernya.

Dari pertemuan tersebut, diketahui dua grup perusahaan yang akan menjadi sasaran tim audit, yakni dari Makin Group dan Best Agro Group.

Satu atau bahkan keduanya dari group perusahaan besar swasta (PBS) ini akan menjalani audit yang terperinci oleh tim auditor, sesuai dengan program kerja BPKP.

Halikinnor menyebutkan sementara hanya dua group perusahaan tersebut yang di audit oleh BPKP, karena sebagian sudah di audit oleh tim dari Pemkab Kotim.

Tindakan dari BPKP ini sangat disambut baik olehnya karena dinilai akan membantu Pemkab Kotim dalam menyempurkan perbaikan perizinan yang diberikan kepada PBS.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved