Berita Kotim

Camat Parenggean Kotim Wajibkan Setiap PBS di Wilayahnya Bantu Warga Terdampak Banjir

Camat Parenggean, Kotim Siyono, dengan mewajibkan semua PBS yang beroperasi di wilayahnya, terlebih saat banjir menimpa wilayah dan warganya

Penulis: Devita Maulina | Editor: Sri Mariati
Dok Kecamatan Parenggean untuk Tribunkalteng.com
Penyerahan secara simbolis bantuan sembako oleh Camat Parenggean, Siyono, kepada Lurah Parenggean, Darmoso. Bantuan sembako sebanyak 500 paket yang dikumpulkan dari PBS dan umum disalurkan untuk warga yang terdampak banjir. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Keberadaan perusahaan besar swasta (PBS) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diharapkan memiliki andil dalam membantu kesejahteraan masyarakat, khususnya saat terjadi musibah banjir seperti saat ini.

Hal tersebutlah yang ingin direalisasikan oleh Camat Parenggean, Kotim Siyono, dengan mewajibkan semua PBS yang beroperasi di wilayahnya.

Untuk berkontribusi membantu masyarakat yang terdampak banjir di 5 desa dan 1 kelurahan yang terdampak banjir di Kecamatan Parenggean.

“Setiap perusahaan kami haruskan untuk membantu korban banjir. Mereka kan sudah enak-enak meraup untung dari sumber daya alam kita d isini, sedangkan kita di sini terkena dampaknya,” ujarnya, Senin (12/9/2022).

Ia menjelaskan, kontribusi PBS dalam menyalurkan bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggungjawab, terhadap masyarakat yang berada di sekitar wilayah perusahaan.

Baca juga: Ada-Ada Saja, Terima Bantuan Sembako Warga Terdampak Banjir di Kotim Malah Minta Pil KB

Baca juga: Banjir di Kotim Meluas, 17 Desa di 7 Kecamatan Terendam, Wabup Terjun Langsung Salurkan Bantuan

PBS yang telah beroperasi dan meraup untuk dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) di wilayah ini tidak boleh lepas tangan dengan musibah yang melanda masyarakat.

Maka dari itu, permintaan yang pihaknya sampaikan ke PBS ini bersifat wajib, jika tidak maka pemerintah kecamatan setempat akan langsung mendatangi kantor perusahaan terkait.

Akan tetapi, menurutnya sejauh ini respon PBS cukup positif dan semua menyatakan bersedia untuk membantu.

“Alhamdulillah, ketika kami hubungi via telepon semua bersedia untuk membantu, sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan yang sudah menyalurkan bantuannya berupa sembako,” ungkapnya.

Siyono melanjutkan, di Kecamatan Parenggean total ada 14 PBS yang wilayah operasinya memasuki kecamatan tersebut. Yakni, PT Sawit Mas Parenggean (SMP), PT Unggul Lestari, PT Swadaya Sapta Putra (SSP) , PT Billy Indonesia, PT Tunas Agro Subur Kencana (TASK) I, PT Uni Primacom, PT Katingan Indah Utama (KIU).

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved