HUT PDIP

Puan atau Ganjar, Capres PDIP Diumumkan Saat HUT 10 Januari? Pengamat Politik Ini Tidak Yakin

Hasto Kristiyanto menyatakan calon presiden (capres) yang diusung partainya akan diumumkan pada tahun ini, Puan Maharani atau Ganjar Pranowo

Editor: Dwi Sudarlan
Kompas Images/Kristianto Purnomo
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dirumorkan akan mengumumkan capres yang diusung PDIP pada acara HUT ke-50 PDIP, Selasa (10/1/2023), tetapi pengamat politik ini tidak yakin. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Sekjen PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Hasto Kristiyanto menyatakan calon presiden (capres) yang diusung partainya akan diumumkan pada tahun ini. Puan Maharani atau Ganjar Pranowo?

Dari sini kemudian berkembang kabar, pengumuman capres akan dilakukan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam acara peringatan HUT ke-50 PDIP, Selasa (10/1/2023) mendatang.

Dalam kabar itu, juga disebut-sebut bakal capres yang diusung PDIP sudah mengerucut ke dua sosok, Puan Maharani atau Ganjar Pranowo.

Namun, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin tidak yakin Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan capres 2023 pada acara peringatan HUT Ke-50 PDIP itu.

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut Capres 2023 Bisa Jadi Jatah Prabowo, Survei Kembali Unggulkan Ganjar Pranowo

Baca juga: Gegara Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024, Tokoh Senior PDIP Ini Dapat Peringatan Keras

Baca juga: Survei Litbang Kompas, Soal Capres Pemilih NasDem Lebih Dukung Ganjar dan Prabowo Ketimbang Anies

Dia menilai, masih terlalu dini karena masa pendaftaran capres-wapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan berakhir pada September 2023.

"Pada 10 Januari nanti katanya capres akan diumumkan. Saya melihat itu isu yang sama pada Rakernas PDIP Juni 2022. PDIP belum atau tidak akan mengumumkan jagoannya sebagai capres 2024," kata Ujang kepada Tribunnews.com, Sabtu (7/1/2023).

Mengenai sosok capres yang diusung PDIP, Ujang mengatakan bukan rahasia umum lagi ada dua sosok yang digadang-gadang yakni Ganjar Pranowo dan Puan Maharani.

"Dan kita tahu juga katakanlah Mbak Puan secara biologis anak kandung dari Megawati atau Ketua Umum. Tetapi Mbak Puan elektabilitasnya belum cukup untuk bisa jadi capres," jelasnya.

"Kalau mengatakan tahun ini bakal umumkan capres. Tahun ini banyak bukan hanya bulan ini saja. Saya sih melihatnya bukan kali ini. Tapi nanti bulan Agustus atau September menjelang pendaftaran KPU bisa saja karena masih tahun ini," tambah Ujang.

Menurut Ujang PDIP tidak akan gegabah perihal capres.

Hal itu dikarenakan PDIP telah memenuhi aturan Presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden sebanyak 20 persen kursi DPR.

"PDIP santai saja sudah punya 20 persen tiket pencapresan. Mereka akan lihat dulu dan kalkulasi peta dan dinamika politik ke depannya yang sekitarnya penting dibaca PDIP," tutup Ujang.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan telah mendapat tugas dari Megawati untuk menyampaikan undangan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar hadir pada HUT ke-50 PDIP.

Diketahui, PDIP bakal menggelar acara pembukaan HUT ke-50 di Kemayoran, Jakarta pada 10 Januari 2023.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved