Berita Palangkaraya

Usai Lebaran, Lapas Palangkaraya Razia Dadakan Secara Rutin, Masih Ditemukan Barang Terlarang

Lapas Kelas II A Palangkaraya lakukan razia dadakan secara rutin. Hal ini dilakukan dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Humas Lapas Kelas IIA Palangkaraya untuk Tribunkalteng.com
Petugas menggeledah WBP saat razia di blok hunian WBP Lapas Palangkaraya, dan masih ditemukan barang terlarang handphone, kabel dan colokan terminal, Kamis (12/5/2022) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Lapas Kelas II A Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), lakukan razia dadakan secara rutin. Hal ini dilakukan dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban.

Terlebih usai Lebaran 2022 sebagai upaya antisipasi masuknya barang-barang terlarang ke dalam lapas.

Kepala Lapas Kelas IIA Palangkaraya, Chandran Lestyono, melalui Kepala Pengamanan, Meldy Putera menjelaskan, jika potensi masuknya barang terlarang di Lapas Palangkaraya masih ada.

Sehingga pihaknya seoptimal mungkin untuk mencegah dan mengantisipasi.

"Potensi kerawanan di Lapas akan terus ada. Oleh karena itu, berbagai upaya dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban sangat diperlukan," kata Meldy Putera, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Hari Raya Idul Fitri 2022, Sebanyak 454 WBP Lapas Palangkaraya Dapat Remisi dan 2 Langsung Bebas

Baca juga: Razia Dadakan oleh Tim Gabungan di Lapas & Rutan Kelas IIA Palangkaraya, Ini Barang yang Ditemukan

Dalam kesempatan razia tersebut dipimpin oleh Medy Putera, turut serta juga regu pengamanan dan staf KPLP.

Dari hasil pemeriksaan ke seluruh ruang tahanan pihaknya masih berhasil mendapatkan sejumlah barang terlarang, seperti kabel, cas ponsel, dan barang terlarang lainnya.

"Ada temuan 2 handphone, kabel dan terminal colokan saat razia dalam rangka deteksi dini setelah Lebaran ini," jelas Meldy Putera.

Hasil temuan barang terlarang dari razia di blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) tersebut, pihak Lapas Kelas IIA Palangkaraya mengatakan akan memusnahkannya.

Baca juga: Anggota Satsamapta dan Satreskrim Polresta Palangkaraya Razia Lapas dan Rutan Kelas II A

Baca juga: Petugas Lapas Klas IIA Balikpapan Razia Dadakan Kamar Narapida, Masih Ditemukan Benda Terlarang

"Petugas juga rutin melakukan perawatan terhadap seluruh sarana seperti perawatan senjata dan lain sebagainya. Kontrol keliling, dan lain sebagainya juga terus kami gencarkan," tegasnya.

Kepada seluruh petugas pengamanan, Meldy berpesan untuk mengedukasi tahanan, agar dapat menjaga fasilitas yang ada untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

"Kita akan terus berupaya menjaga lingkungan Lapas Kelas IIA Palangkaraya, untuk menjadi lebih baik. Melalui pemeliharaan dan perawatan seperti ini misalnya mulai dari pintu gerbang utama, pintu, dan teralis-teralis yang ada," ucapnya.

Sementara itu, saat ini total narapidana di Lapas Kelas IIA Palangkaraya terdapat 718 orang, karena ada tambahan dari Rutan Palangkaraya.  (*)

 

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved