Berita Kalteng

Kajian Pembangunan Jalur Kereta Api Kalteng Disepakati, Hubungkan Puruk Cahu-Tanjung Kalsel

Pemprov Kalteng bersama  PT Industri Kereta Api (INKA) Persero melakukan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) Perkeretaapian.

Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/faturahman
Wagub Kalteng, H Edy Pratowo. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA -Pemprov Kalteng bersama  PT Industri Kereta Api (INKA) Persero melakukan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) Perkeretaapian.

MoU tersebut terkait Rencana Penyelenggaraan Proyek Perkeretaapian di Kalteng untuk meningkatkan perekonomian Bumi Tambun Bungai.

Kegiatan MoU dilakukan  di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (27/4/2022) yang acaranya dilakukan secara Hybrid.

Pemprov Kalteng menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh PT INKA Persero tersebut, karena bersinergi dengan Pemprov Kalteng dalam melakukan kajian rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian.

Baca juga: Presiden Jokowi Larang Ekspor CPO, Harga Kelapa Sawit Kalteng Anjlok Jadi Rp 2.200 Perkilogram

Baca juga: Dekranasda Pusat Souvenir Khas Kalteng, Jadi Tempat Pemasaran Kerajinan Tangan Pengrajin Lokal

Baca juga: 22 Orang Jemaah Tunda Keberangkatan, 731 Jemaah Haji Kalteng Berhak Berangkat Tahun Ini

Rencana tersebut juga telah ditegaskan dalam tata ruang dan wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. 

Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo, saat menghadiri Acara Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) tersebut menyatakan menyambut baik.

Edy Pratowo yang dalam kegiatan tersebut mewakili Gubernur Kalteng, mengugkapkan, pembangunan transportasi perkeretaapian di Kalteng telah tercatum di dalam rencana tata ruang dan wilayah Kalteng Tahun 2015-2035.

Dia mengungkapkan, Kalteng telah merencanakan pengembangan sistem jaringan transportasi perkeretaapian yang terdiri dari 5 rute yang memiliki potensi dalam membantu peningkatan perekonomian dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat.

"Ini adalah bentuk komitmen Pemda membuka ruang dan peluang kepada setiap investor yang akan mengembangkan rencana jaringan transportasi perkeretaapian yang ada di Kalteng, mengikuti setiap ketentuan yang berlaku, sehingga pelayanan perkeretaapian dapat menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan, cepat dan terjangkau untuk masyarakat,” ujar Mantan Bupati Pulang Pisau ini.

Kerjasama tersebut kata dia, akan menghasilkan dokumen perencanaan jaringan transportasi perkeretaapian yang akan memberikan rekomendasi terkait pola konektivitas yang makin baik.

"Mobilitas masyarakat akan makin mudah dan lancar, serta titik-titik perekonomian baru akan tumbuh," terangnya.

Sedangkan, Direktur Utama PT. INKA Persero Budi Noviantoro, menjelaskan penandatangan MoU untuk pembangunan jalur kereta api dari Puruk Cahu sampai ke Tanjung Kalsel.

Dia mengatakan, Direksi dan Komisaris PT INKA Persero meminta dukungan dan bantuan kepada Pemprov Kalteng dan pihak-pihak terkait agar pihaknya bisa segera memulai proses yang dibutuhkan untuk pembangunan jalur kereta api tersebut. (*)

 

 

 

 

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved