Breaking News:

Berita Palangkaraya

Buah Paken, Buah Khas Hutan Kalimantan Mirip Durian Dijual di Pinggiran Jalan di Palangkaraya

Buah pampaken atau buah paken adalah buah khas hutan kalimantan, sekilas buah ini mirip dengan durian namun ukurannya lebih kecil.

Penulis: Muhammad Lamsi | Editor: Fathurahman
Muhammad Lamsi/Tribunkalteng.com
Buah Paken adalah buah khas hutan kalimantan. Buah ini mirip buah durian namun bentuknya lebih kecil dijual dipinggiran Jalan Ahmad Yani Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Buah pampaken (paken) merupakan buah khas hutan kalimantan, sekilas buah ini mirip dengan durian namun ukurannya lebih kecil.

Buah paken juga tidak mempunyai aroma yang menyengat dibandingkan dengan aroma buah durian.

"Buah yang satu ini memilik banyak nama di Kalimantan Selatan namanya lay di Kalimantan Tengah namanya paken, sedangkan di Kalimantan Barat namanya pekawai," ujar Arman alias Aman, penjual buah paken, Selasa (5/10/2021).

Buah paken ini memiliki kulit luar seperti durian dan buahnya berwarna oranye namun rasa buah durian ini tidak semanis durian.

Walaupun tidak semanis durian, bagi sebagian masyarakat yang tidak menyukai buah durian, buah paken ini bisa menjadi alternatif jika ingin merasakan buah khas hutan Kalimantan.

Aman berjualan setiap hari di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan gerbang dermaga Pelabuhan, atau sebelum lapangan Sanaman Mantikei Kota Palangkaraya.

Baca juga: Warga Flamboyan Bawah Palangkaraya Swadaya Perbaiki Jalan Rusak Pasca Banjir

Baca juga: Banjir Flamboyan Bawah Palangkaraya Masih Tinggi, Warga Berharap Bantuan Bahan Makanan

Baca juga: Sembilan Rumah di Flamboyan Bawah Terbakar, Kerugian Capai Rp 800 Juta

Aman biasa menggelar lapak buahnya mulai dari pukul 12 siang sampai dengan jam 12 malam atau sampai dengan buahnya habis.

Harga buah paken ini bervariasi tergantung ukuran dan musimnya, jika sedang dalam keadaan musim buah maka harganya juga akan lebih murah.

Harga buah paken saat ini dibandrol mulai dari Rp 25 ribu jika sudah musimnya buah ini dibanderol dengan harga 5 ribu saja.

"Harga buah paken ini ketika musimnya tiba maka harganya juga murah, biasanya mulai dari Rp 5 ribuan saja," ucap pria berkaos merah ini.

Aman mengungkapkan bahwa buah paken ini merupakan buah musiman dan tergantung dari cuaca, jika cuaca sering hujan maka buah ini di pohonnya akan jatuh dan busuk.

Ia mengaku sudah 13 tahun berjualan buah mulai dari buah impor sampai dengan buah lokal khas Kalimantan seperti paken dan durian.

Yang unik dari lapak buah Aman ini adalah jika buah paken tidak enak maka uang pembeli akan dikembalikan sekaligus dengan uang ganti rugi minyak kendaraannya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved