Breaking News:

Berita Sampit

Pemeriksaan Bebas Narkoba Bakal Calon Bupati Kotim Dilakukan BNNP Kalteng

Warga Kotim berharap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim yang maju di Pilbup Kotim harus bersih dari penyalahgunaan narkoba sehingga Kotim be

Foto Gumarang
Muhammad Gumarang tokoh peduli narkoba di Kotim 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Warga Kotim berharap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim yang maju di Pilbup Kotim harus bersih dari penyalahgunaan narkoba sehingga Kotim benar-benar dipimpin oleh pemimpin yang bersih dari narkoba sehingga potensial untuk membangun Bumi Habaring Hurung ini.

Muhammad Gumarang, Toko Peduli Narkoba di Kotim, Minggu (6/9/2020) berharap tidak ada paslon bupati kotim yang menjadi pemakai narkoba sehingga diharapkan pemeriksaannya dilakukan secara ketat .

"Dulu yang memeriksa RS Murjani tapi sekarang langsung BNNP Kalteng di Palangkaraya, ini sudah cukup bagus, pemeriksaanya harus akurat," ujarnya.

Dia mengatakan, setelah tahapan pendaftaran di KPU bagi para calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut akan dilanjutkan kepada tahapan pemeriksaan kesehatan yang sesuai jadwal tahapan selanjutnya yaitu pada tanggal 7 september 2020 mulai pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani di rumah sakit dr Murjani sampit.

Empat Pasang Bakal Calon Bupati Kotim Sudah Mendaftar di KPU

Tak Pakai Masker, Puluhan Warga Banjarmasin Digiring ke Halaman Parkir Pasar Tungging

Namun untuk pemeriksaan bebas dari penyalahgunaan Narkoba akan dilakukan di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng sebagai tempat pemeriksaan bebas narkoba bagi para calon bupati dan wakil bupati Kotim. Pemeriksaan sesuai jadwal dilakukan tanggal 8 september 2020 mendatang.

Dia berharap, pemeriksaan bebas narkoba bagi calon bupati dan wakil bupati kotawaringin timur pilkada 2020 ini pelaksanaannya dilakukan menggunakan test DNA atau sample rambut sehingga tinggkat akurasinya hasil ters tersebut akurat, agar calon benar-benar bersih dari penggunaan narkoba, karena untuk pemeiksaan urin ada batas waktunya pengaruh narkoba tidak bisa dideteksi.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng, M Soedja'i, Minggu (6/9/2020) membenarkan pihaknya akan melaksanakan tes urin terhadap bakal calon Gubernur Kalteng dan Wakil Gubernur Kaltang serta Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim yang akan ikut Pilkada serentak di Kalteng mendatang.

Pelaksanaan pemeriksaan dengan memeriksa sampel urin untuk bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng akan dilaksanakan Selasa (8/9/2020) demikian juga untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim juga akan dilaksanakan oleh BNBP Kalteng.

"Jika ada paslon yang hasinya positif akan kami kirim sampelnya ke Laboratorium BNN di Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut setelah dilakukan screening. Kami tidak menggunakan DNA hanya menggunakan screening melalui sampel urin paslon yang akan maju di Pilbup Kotim termasuk paslon gubernur Kalteng, " ujarnya. (Tribunkakteng.com/ faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved