Breaking News:

Wabah Corona di Kalteng

UPDATE Covid-19 Kalteng: 13 Pasien Sembuh, ODP dan PDP Terus Berkurang

GTPP Covid-19 Kalteng menilai penyembuhan pasien positif Covid-19 makin baik dengan banyak pasien sembuh dan tidak ada penambahan korban meninggal.

Penulis: Fathurahman | Editor: Alpri Widianjono
UPDATE Covid-19 Kalteng: 13 Pasien Sembuh, ODP dan PDP Terus Berkurang
TIM GTPP COVID-19 KALTENG UNTUK TRIBUN KALTENG
Rilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tentang data penyebaran kasus, Rabu (6/5/2020).

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Perkembangan kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) saat Rabu (6/5/2020), pasien sembuh mencapai 13 orang dan total pasien sembuh mencapai 29 orang dan yang meninggal tetap 7 orang.

Menurut Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng), kondisi demikian menandakan upaya penanggulangan semakin membaik.

Apalagi jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pun berkurang 5 orang, sehingga total saat ini 55 orang. Jumlah tersebut menurun dari sebelumnya sebanyak 60 orang.

Sementara itu, Orang Dalam Pemantauan (ODP) kemarin berjumlah 389, telah berkurang 80 orang, sehingga menjadi 309 orang.

Sedangkan pasien postif Covid-19 bertambah 6 orang pada hari ini, sehingga totalnya mencapai 188 orang. Kalau hari  sebelumnya mencapai 182 orang.

RESMI! Laboratorium Swab Covid-19 RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya Beroperasi

Sejumlah Rumah Sakit di Kalteng Bisa Periksa Swab Mandiri, Pakai Alat Tes Cepat Molekuler

Cegah Penyebaran Corona, Anggota Polresta Palangkaraya Kalteng dan Yayasan Ini Bagikan Masker

Tim Polda Kalteng Amankan Empat Pemabuk Saat Patroli di Palangkaraya

Bagi tim GTPP Covid-19 Kalteng, tetap memandang bahwa  upaya penyembuhan pasien positif Covid-19 sudah semakin baik dengan makin banyaknya pasien yang sembuh dan tidak ada penambahan korban meninggal. Hal demikian dinilai membawa harapan baik untuk pemutusan Covid-19 di Kalteng.

Kondisi ini semakin membaik, dengan beroperasinya alat pemeriksaan swab PCR di laboratorium RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya saat Selasa (5/5/2020), sejak yang mulai kemarin dioperasionalkan.

Bahkan, dua alat sekaligus yang dioperasionalkan, sehingga tidak lagi mengandalkan dari laboratorium di Surabaya atau Jakarta yang menunggu hingga 1 minggu hasilnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng, Suyuti Syamsul, mengungkapkan, pihaknya akan terus mengupayakan pemeriksaan swab untuk sejumlah rumah sakit di Kalteng menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) untuk mengetahui seseorang yang positif dan negatif Covid-19 selain PCR yang sudah ada.

"Kita akan semakin cepat dalam pemeriksaan swab pasien di Kalteng dengan adanya alat tersebut," ujarnya.

Terpisah, Direktur Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangkaraya, Yayu Indriarti, mengaku optimis bahwa dengan adanya dua alat pemeriksaan menggunakan PCR di RSDS yang dipimpinnya akan cepat juga upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kita akan cepat mengetahui apakah seorang pasien positif Covid-19 atau tidak. Tentunya juga, akan semakin cepat dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kalteng," harapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved