Wabah Corona di Kalteng

RESMI! Laboratorium Swab Covid-19 RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya Beroperasi

Setelah laboratorium swab beroperasi, maka RS Doris Sylvanus Palangkaraya siap menerima uji sampel dari rumah sakit se Kalteng.

RS DORIS SYLVANUS UNTUK TRIBUN KALTENG
Tenaga medis RS dr Doris Sylvanus Palangkaraya, Kalteng, saat menunggu hasil pemeriksaan swab PCR, Selasa (5/5/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kabar gembira untuk warga Kalimantan Tengah. Setelah menunggu lama, akhirnya RS Sakit Doris Sylvanus Palangkaraya selesai membangun dan sudah bisa mengoperasikan Laboratorium PCR untuk pemeriksaan sampel Swab Pasien Covid-19, Selasa (5/5/2020).

Kegembiraan tampak terlihat dari semua tenaga medis di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tersebut.

Kemudian, sampel swab kali pertama dilakukan RS Sakit Doris Sylvanus dan mesin pemeriksa Swab Covid-19 tersebut berfungsi dengan baik.

"Alhamdulillah, Laboratorium BSL 2 kami sudah operasional. Barusan, kami sudah melakukan uji coba 32 sampel dengan 7 positif. Selanjutnya, kami akan menguji sampel di RSUD kami sendiri dan siap menerima uji sampel dari RS kabupaten se Kalteng," ujar dr Sigit Nufrianto, salah satu dokter di RSDS melalui akun facebooknya.

Sementara itu, Kabid Diklit Pengembangan SDM dan Humas RSDS Palangkaraya, Riza Syahputra, saat dikonfirmasi, membenarkannya.

Bawaslu Kalteng Peringatkan Bansos Covid-19 Jadi Kampanye Terselubung, Ini Ancaman Sanksinya

Peduli Anak Panti, Kampus Muhammadiyah Palangkaraya Bagikan Sembako

Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Palangkaraya Cegat Warga Tak Pakai Masker

"Benar, RSUD dr Doris Sylvanus sudah mampu memeriksa sendiri sampel swab dengan sistem PCR pada hari ini," ujarnya.

Sebelumnya, sebut dia, RSUD dr.Doris Sylvanus mengirimkan sampel ke Jakarta, kemudian Surabaya dan terakhir ke Banjarmasin.

Kini, pemeriksaan sampel swab bisa di RS Sakit Doris Sylvanus dan hasil pemeriksaannya menjadi lebih singkat.

"Selama ini hasil sampel swab untuk diketahui bisa memakan waktu 5 sampai 7 hari karena dikirim ke Jakarta atau Surabaya. Sekarang hanya perlu waktu beberapa jam saja untuk satu sampelnya," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan rilis data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, Selasa (5/5//2020), terjadi penambahan pasien positif Covid-19 dua orang, sehingga menjadi 182 yang sebelumnya 180.

Perawatan Covid-19 bertambah dua orng menjadi 159 orang, pasien sembuh 16 orang, meninggal 7 orang, ODP 389 orang, PDP bertambah 6 orang menjadi 60 orang.

Sedangkan total tes RT- PCR, positif 182, negatif 267 orang dan dalam pemeriksaan sebanyak 200 orang.

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved