Berita Kotim

Wujudkan Smart City Kotim, Kini Memasuki Tahap Final Bimtek Penyusunan Masterplan dan Quick Win

Smart City Kotim, memasuki tahap final bimbingan teknis (bimtek) terkait penyusunan Masterplan dan Quick Win Menuju Smart City atau kota cerdas.

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com / Devita Maulina
Smart City Kotim, Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap VI penyusunan Masterplan dan Quick Win Smart City di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Bimtek ini merupakan tahap terakhir yang dilalui Pemkab Kotim dalam rangka mewujudkan penerapan Smart City di bumi habaring hurung, Rabu (21/9/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Smart City Kotim, memasuki tahap final bimbingan teknis (bimtek) terkait penyusunan Masterplan dan Quick Win Menuju Smart City atau kota cerdas.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) memasuki tahap final bimbingan teknis (bimtek) terkait penyusunan Masterplan dan Quick Win dalam rangka Gerakan Menuju Smart City atau kota cerdas.

Seperti yang diketahui Kotim merupakan 1 dari 50 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih dalam implementasi program yang diusung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo).

Bimtek ini merupakan tindaklanjut dari assessment antara Kemenkominfo dan Pemkab Kotim yang dibagi dalam 4 tahap.

Tahap pertama dilaksanakan pada awal Juni 2022 lalu dan tahap keempat dilaksanakan hari ini, Rabu (21/9/2022), bertempat di aula Sei Mentaya Kantor Bappelitbangda Kotim.

Baca juga: Gerakan Menuju Smart City, Pemkab Kotim Laksanakan Bimtek Tahap III Bahas Program Unggulan

Baca juga: Sejalan dengan Smart City, Pemkab Kotim Dukung Gerakan Nasional 1000 Start Up Digital

Baca juga: TP PKK Kotim Juara 1 Tingkat Provinsi, Lomba Cipta Menu B2SA Wakili Kalteng Tingkat Nasional

“Di tahap ini sudah sampai pada kristalisasi poin-poin penting pada masing-masing elemen dan penamaan quick win, jadi akan kami selesaikan hari ini,” terang Multazam, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) selaku leading sektor dalam penanganan program Smart City Kotim.

Sama seperti 3 tahap bimtek sebelumnya, kali ini Pemkab Kotim mendapat pendampingan dari dari KemenKominfo yang diwakili oleh tenaga ahli dan juga pihak ketiga yang ditunjuk, yaitu Dr. Wing Wahyu Winarno, salah seorang dosen di STIE YKPN Yogyakarta.

Turut hadir pada bimtek ini perwakilan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) Kotim yang terlibat dalam 6 elemen smart city, serta dari pihak akademisi, perbankan, perusahaan, dan lain-lain.

Multazam membeberkan, sampai pada bimtek tahap akhir ini pihaknya masih menemukan beberapa kendala dalam penyusunan masterplan dan quick win. Namun, semua kendala tersebut semaksimal mungkin akan diselesaikan pada pertemuan ini.

Karena rencananya besok, Kamis (22/9/2022), pihaknya akan melakukan konferensi pers untuk memaparkan apa, siapa, dan tujuan dari adanya program smart city tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved