Berita Palangkaraya

KKN Mahasiswa UPR di Kotim, Belajar Pengolahan & Pengemasan Gula Merah Dari Air Nira Kelapa

Kuliah kerja nyata atau KKN Mahasiswa UPR di Kotim, mahasiswa turut belajar pengolahan & pengemasan gula merah terbuat dari bahan Air Nira Kelapa.

Editor: Fathurahman
Istimew
Kuliah kerja nyata atau KKN Mahasiswa UPR di Kotim, mahasiswa turut belajar pengolahan & pengemasan gula merah terbuat dari bahan Air Nira Kelapa. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA- Kuliah kerja nyata atau KKN Mahasiswa UPR di Kotim, mahasiswa turut belajar pengolahan & pengemasan gula merah terbuat dari bahan Air Nira Kelapa.

Kelompok mahasiswa Universitas Palangkaraya (UPR) tersebut tergabung dalam KKN-T Mandiri, salah satunya membantu pengolahan dan pengemasan Gula Merah dari Air Nira Kelapa.

Kegaiatan tersebut dilakukan mahasiswa di tempat seorang warga Desa Basawang, Kampung Jawa, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sebanyak 14 orang mahasiswa dan mahasiswi tersebut selama satu bulan, dimana mulai 1 sampai 31 Agustus 2022. Mereka banyak mendapatkan ilmu bermanfaat untuk meningkatkan UMKM juga menuntut ilmu.

Selain melakukan kemandirian, mahasiswa juga diajarkan saling bekerjasama  yang kegiatan kelompok mahasiswa KKN tersebut dipantau langsung dosen pembimbing lapangan (DPL), Saulim DT. H, M.Pd.

Baca juga: KKN Mahasiswa UPR di Kotim, Ajak Warga Teluk Sampit Manfaatkan Tempurung Kelapa Jadi Briket

Baca juga: Stok Darah PMI Kotim Mengkhawatirkan, Hanya Cukup 2 Hari Memenuhi Kebutuhan Pasien RS

Baca juga: Pasar Murah Tekan Inflasi di Kotim, Emak-emak Antusias Membeli, 1 Jam 2000 Paket Bapok Ludes

Tugas di masyarakat tersebut bagian dari KKN-T mandiri UPR, salah satunya yang diikuti oleh kelompok KKN di wilayah Desa Basawan.

Dia menjelaskan, mahasiswa membantu dan belajar tatacara pengolehan hingga pengemasan Gula Merah dari Kelapa.

"Ini yang jadi bekal kami dapat dalam menuntut ilmu, melaksanakan tugas belajar serta memahami kondisi sosial masyarakat dan UMKM di masyarakat. Selama melaksanakan tugas, kami banyak belajar dan ini luar biasa,” kata Bahrianur, salah satu mahasiswa yang ikut KKN, usai kembali ke kampus, Senin (20/9/2022).

dikatakan Bahrianur, pihaknya melaksanakan KKN tersebut di rumah warga, bernama Jupriadi, dimana dirinya bersama istri melakukan pengolahan Gula Merah yang terbuat dari air Nira kelapa, kemudian hasilnya di jual ke pasar di wilayah Samuda, Kotim.

“Kami belajar cara mengolah Gula Merah. Kami mengikuti setiap langkah yang ditunjukan oleh Pak Jupriadi bersama istri belia," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved