Berita Palangkaraya

Lantik Rektor UPR 2022-2026 Prof Salampak, Menteri Nadiem Makariem Amanahkan Lanjutkan MBKM

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim melantik Rektor Universitas Palangkaraya (UPR) Prof Dr Ir Salampak MS, Kamis (8/9/2022) di Jakarta

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Screen shoot live YouTube Kemendikbud RI
Rektor UPR Periode 2022-2026 Prof Dr Ir Salampak MS saat menerima kalung Tanda jabatan rektor yang diberikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, Kamis (8/9/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim melantik Rektor Universitas Palangkaraya (UPR) Prof Dr Ir Salampak MS, Kamis (8/9/2022) di Jakarta.

Pucuk pimpinan teranyar UPR tersebut dilantik bersama Rektor perguruan tinggi lainnya serta pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Teknologi (Kemendikbudristek).

"Saudara-saudara sebelum saya mengambil sumpah atau janji, saya ingin bertanya, apakah saudara bersedia mengucap sumpah atau janji menurut agama yang saudara-saudara anut," kata Nadiem Anwar Makarim.

Lalu diikuti dengan suara, saya berjanji, bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD negara Republik Indonesia tahun 1945, dan akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Selanjutnya, para Rektor dan pejabat di lingkungan Kemendikbudristek mendatangani berita acara sumpah atau janji jabatan.

Baca juga: Pemilihan Rektor UPR 2022, Prof Salampak Akhirnya Terpilih Pimpin UPR Periode 2022-2026

Baca juga: Rencana Kenaikan BBM Bagi Pengamat UPR, Tidak Akan Mempengaruhi Pemulihan Ekonomi

Diikuti membubuhkan tanda tangan berita acara serah terima jabatan, di mana Prof Dr Ir Salampak MS didampingi Rektor UPR sebelumnya, Andrie Elia Embang.

Nadiem Anwar Makarim pun memasangkan kalung kepada Prof Dr Ir Salampak MS tanda sahnya menjabat Rektor UPR.

"Masa depan mahasiswa adalah tanggung jawab saudara, oleh karena itu saya amanahkan keberlanjutan program kampus merdeka praktisi mengajar dan program belajar merdeka terkait pendidikan tinggi kepada saudara," amanah Nadiem Anwar Makarim.

Selain melanjutkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dia meminta kepada para Rektor yang dilantik untuk menghadirkan lingkungan kampus yang aman.

"Berikan hak mahasiswa belajar di luar kampus, dan ciptakan sumber daya manusia yang siap bersaing di dunia global," ujarnya.

Baca juga: Pemilihan Calon Rektor UPR, 13 Orang Ikuti Tahap Kampanye dan Penyampaian Visi Misi

Sebelumnya saat terpilih, Prof Dr Ir Salampak MS menuturkan siap membangun pendidikan di UPR dengan cara berkolaborasi dengan berbagai stake holder untuk mewujudkan pendidikan di Kalimantan Tengah (Kalteng) menjadi baik.

Dia menilai, memiliki tugas besar dalam kembali melanjutkan estafet kepemimpinan UPR, terutama dalam hal akreditasi yang masih butuh perbaikan, terutama dalam menghadapi Badan Layanan Umum atau BLU. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved