Berita Kotim

Narkoba di Kalteng, Anggota Polres Kotim Ciduk 2 Pengedar Sabu di Mentawa Baru Ketapang

Narkoba di Kalteng, personel Satresnarkoba Polres Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil menciduk dua pemuda pengedar sabu di Kecamatan Mentawa Ketapang

Penulis: Devita Maulina | Editor: Sri Mariati
Polres Kotim untuk Tribunkalteng.com
Kedua pemuda berinisial S dan RA ditangkap pihak kepolisian di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang akibat mengedarkan narkotika jenis sabu, Jumat (13/8/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT – Narkoba di Kalteng, personel Satresnarkoba Polres Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil menciduk dua pemuda pengedar sabu di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Jumat (12/8/2022) malam.

Kedua pria berinisial S berusia 18 tahun dan RA berusia 25 tahun diamankan ketika akan melakukan transaksi sabu dengan personel kepolisian yang menyamar sebagai pembeli.

Hal itu dikatakan Kapolres Kotim AKBP Sarpani melalui Kasat Narkoba Kompol I Made Rudia.

Dia mengungkapkan, kronologi berawal dari laporan yang diterima, S sering mengedarkan narkotika jenis sabu dan dalam waktu akan ada transaksi dalam waktu dekat setelah laporan disampaikan.

“Kemudian kami segera melakukan penyelidikan dan pengintaian sesuai laporan tersebut, lalu anggota melalui under cover buy terhadap terlapor,” ujarnya, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Narkoba di Kalteng, Satresnarkoba Polres Murung Raya Amankan Pelaku & Barang Bukti 1,39 Gram Sabu

Baca juga: Narkoba di Kalteng, Jumlah Barang Bukti Meningkat, Didominasi Narkotika Jenis Sabu

Lanjutnya, saat itu personel kepolisian yang menyamar bertemu dengan S dan RA yang tiba di tempat kejadian perkara (TKP), mengendarai motor NMax untuk bertransaksi sabu, sekitar pukul 19:00 WIB.

Berlokasi di Jalan Pelita Barat, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Ketika itu pula kedua pemuda itu diamankan pihak kepolisian.

Awalnya, kedua pemuda itu sempat mencoba melarikan diri dan menjatuhkan sebuah kotak kecil berwarna merah.

Namun, upaya itu berhasil digagalkan aparat dan dilakukan pengecekan terhadap kotak tersebut.

Di dalam kotak kecil yang dijatuhkan RA rupanya berisi 1 bungkus sabu yang niatnya akan dijual ke personel kepolisian yang menyamar.

Selain itu, pihak kepolisian juga berhasil mengamankan 3 bungkus sabu yang disimpan dalam kotak rokok di saku celana S.

"Barang bukti yang diamankan dari kedua palaku tersebut dengan berat kotor 20.22 gram, dan saat ini kedua pelaku diamankan ke Polres Kotim untuk proses sidik lanjut," kata Kompol I Made Rudia.

Baca juga: Narkoba di Kalteng, 3 Pengedar Lintas Provinsi Dibekuk Satresnarkoba Polres Lamandau, Bawa 4 Kg Sabu

Pihak kepolisan juga mengamankan 2 unit telpon genggam, 1 kotak merah kecil merk ESF dan 1 kotak rokok yang digunakan untuk menyembunyikan sabu, 1 unit sepeda motor berikut dengan STNK.

Akibat kejadian tersebut, kedua pelaku disangkakan dengan Pasal 114 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Pada pasal tersebut tertera, setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved