Aturan Terbaru Sekolah: Rapor Dibagi Januari 2022, Siswa Tidak Ada Libur, Guru Dilarang Cuti

Pada periode libur Nataru, sekolah-sekolah diimbau tidak memberlakukan libur bagi siswanya dan melarang para guru cuti

Editor: Dwi Sudarlan
Tribunkalteng/Faturrahman
Ilustrasi penerapan prokes di salah satu sekolah di Palangkaraya Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu. Pada periode Nataru, siswa tidak libur, guru dilarang cuti dan rapor dibagi Januari 2022. 

TRIBUNKALTENG.COM - Siswa liburan akhir tahun bakal tidak ada di akhir 2021 ini, pemerintah menerbitkan aturan yang melarang sekolah meliburkan siswanya dan guru dilarang cuti pada akhir tahun ini.

Aturan tersebut diterbitkan Kemendikbud Ristek guna mencegah penularan covid-19 selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2022 atau biasa disebut Nataru

Pada periode libur Nataru, sekolah-sekolah diimbau tidak memberlakukan libur bagi siswanya dan melarang para guru cuti.

Karena itu pula pembagian rapor semester ganjil diimbau dilakukan pada Januari 2022.

Baca juga: Aktivitas Libur Nataru Dibatasi, PPKM Level 3 Berlaku Serentak Mulai 24 Desember 2021

Baca juga: PPKM Level 2 Patroli Satgas Covid -19 Sasar Penerapan Prokes Tempat Usaha di Palangkaraya  

Baca juga: Cegah Penyebaran di Masa Natal dan Tahun Baru Satgas Covid-19 Kalteng Diaktifkan Lagi

Diharapkan dengan cara itu mobilitas liburan bisa dibatasi sehingga meminimalisasi penyebaran virus Covid-19.

Ketentuan ini melengkapi kebijakan pemerintah yang telah melarang para ASN cuti dan bepergian keluar daerah selama periode libur Nataru.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Dalam Inmendagri tersebut, ditegaskan larangan bagi ASN untuk bepergian dan cuti selama periode Nataru yakni 24 Desember hingga 2 Januari 2021.

Melengkapi Inmendagri, Kemendibud Ristek menerbitkan surat edaran yang mengatur jalannya proses belajar mengajar di sekolah di masa Nataru.

“Saat ini kami telah mengeluarkan Surat Edaran Sesjen Kemendikbud Ristek Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Menjelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,“ ujar Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ristek Anang Ristanto dikutip dari Kompas.com, Kamis (2/12/2022).

Surat edaran tersebut ditujukan untuk Gubernur/Bupati/Wali kota/Pimpinan PTN dan Kepala Lembaga Layanan Dikti.

Adapun poin isi edaran tersebut yakni:

Mengimbau kepada kepala satuan pendidikan untuk melaksanakan pembagian rapor semester 1 tahun ajaran 2021/2022 bagi satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah pada bulan Januari 2022;

Tidak meliburkan secara khusus kegiatan pendidikan di satuan pendidikan selama perlode Nataru pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022;

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved