Pilkada Kalteng 2020

Mendagri Minta Pemda Transfer Anggaran ke Penyelenggara Pilkada 2020

Mendagri optimis pilkada bisa dilaksanakan 9 Desember 2020 dan meminta kepala daerah mentransfer anggaran kepada KPU, Bawaslu dan pihak pengamanan.

Tangkap layar Kompas TV
Mendagri Tito Karnavian mengenakan masker dengan gambar wajahnya sendiri. 

Editor: Alpri Widianjono

TRIBUN KALTENG.COM, PALANGKARAYA -  Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, optimis pilkada serentak bisa dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Keyakinanannya diungkapkan dalam video conderence membahas pemantapan pelaksanaan pilkada yang diikuti para kepala daerah, termasuk Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, Rabu (24/6/2020).

Dalam pertemuan secara virtual itu, Gubernur Sugianto Sabran didampingi Kepala Kesbangpol, Agus  Pramono, dan Plt Kadis Kominfo, Agus Siswadi.

Dipaparkan Mendagri, segala persiapan dan program telah disiapkannya untuk pelaksanaan pilkada nanti.

Pilkada Saat Pandemi Covid-19, Ini Usul Komisi II DPR RI

Cara Pasien Covid-19 Ikut Pemungutan Suara Pilkada 2020, Bagaimana yang ODP & PDP?

Tahapan Pilkada Saat Pandemi Virus Corona Sedang Disiapkan KPU Kalteng, Ini Penjelasannya

KPU Gandeng Rumah Sakit dan Gugus Tugas di Pilkada 2020, Tujuannya Ini

Pilkada Serentak Digelar 9 Desember 2020, Ini Persiapan KPU

Bahkan, Mendagri menegaskan sudah mempersiapkan berbagai skenario dan berbagai kemungkinan pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid-19 mendatang.

Dia juga menekankan kepada 270 pemerintah daerah (pemda) yang terdiri dari provinsi, kabupaten dan kota, segera memenuhi transfer anggaran kepada KPU, Bawaslu dan pihak pengamanan.

"Ini agar persiapan lapangan untuk memverifikasi data dapat memenuhi kebutuhan protokol kesehatan, seperti masker, baju hazmat, hand sanitaizer dan lainnya , sehingga saya minta segera saja mentransfer dana untuk itu semua kepada penyelenggara Pilkada dan lembaga terkait lainnya," ujar mantan Kapolri ini.

Di Kalimantan Tengah tahun 2020 ini akan dilaksanakan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di  Kotawaringin Timur.

Sementara itu, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kalimantan Tengah untuk KPU telah direalisasikan sebanyak 43,00 persen, Bawaslu 40,47 persen dan pengamanan sedang dalam tahap koordinasi. 

(Tribun Kalteng/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved