Breaking News:

Pilkada Kalteng

Tahapan Pilkada Saat Pandemi Virus Corona Sedang Disiapkan KPU Kalteng, Ini Penjelasannya

Tahapan Pilkada Saat Pandemi Virus Corona Sedang Disiapkan KPU Kalteng, Ini Penjelasannya

Tribunkalteng.com / faturahman
Tarian Dayak dalam Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 di gelar KPU Kalteng, di Ballroom Bahalap Hotel Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Presiden Republik Indonesia , Joko Widodo telah menandatangani pelaksanaan Pilkada serentak akan dilaksanakan, Rabu (9/12/2020).

Menindaklanjuti itu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng mempersiapkan tahapannya.

 Saat menghadiri rapat persiapan pelaksanaan Pilkada di Kalimantan Tengah bersama Forkopimda Kalteng, Ketua KPU Kalteng, akhir pekan tadi, Harmain Ibrohim, menegaskan, keputusan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 sudah dipersiapkan pihaknya sejak adanya keputusan tersebut.

Harmain, menyebutkan dalam pelaksanaan Pilgub Kalteng tahun 2016, silam, partisipasi pemilih masih dibawah 60 persen.

Protokol Baru Penggunaan Masker Selama Pandemi Virus Corona Dirilis WHO

Namun, tahun 2018 meningkat demikian juga dengan pelaksanaan Pemilu 2019 malah pemilihnya lebih banyak mencapai 79 persen partisipasinya.

 “Ada peningkatan partisipasi dalam pelaksanaan Pilkada maupun pemilu lainnya di kalteng. Nantinya kami memulai dengan Keakuratan data pemilih, rekaman e-ktp, sosialisasi kepada masyarakat dan kesadaran masyarakat untuk hadir dalam memberikan hak suaranya pada pilkada yang  saat ini mulai di sosialisasikan, untuk mensukseskan Pilkada Kalteng dan Pilbup Kotim, Rabu,  9 Desember 2020 mendatang,” ujar Harmain.

Mengenai tahapan dalam pemilihan mendatang, hingga pada pencoblosan di tengah pandemi virus corona, dia menjelaskan, pilkada di masa Pandemi Covid-19, seluruh tahapan pemilihan mulai pemutahiran data pemilih, pendaftaran calon, kampanye dan distribusi logostik, pencoblosan semuanya mentaati Protokol Kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan menyiapkan rapid tes. 

Dijelaskan  Mantan Anggota KPU Kota Palangkaraya ini, nantinya pihaknya, juga bersama sama gugus tugas provinsi  menyiapkan rapid tes serta APD untuk petugas untuk protokol kesehatan.

"Masa pendaftaran pasangan calon kepala kepala daerah dan tahapan lainnya juga akan mengikuti Protokol kesehatan, dalam pelaksanaanya," ujarnya.

Bahkan sebut dia, untuk pelaksanaan pencoblosan di TPS juga akan diatur menyesuaikan protokol covid kesehatan.

"Jam datang pemilih ke TPS untuk pencoblosan diatur  agar tidak berkerumun. Misalnya pukul 7 sampai pukul 8 pagi, ke TPS berapa orang dengan kesiapan protokol kesehatan ,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda  Kalteng, Irjen Pol, Dedi Prasetyo yang juga hadir bersama Danrem 102/PJG Brigjen Purwo, pihaknya siap menagamankan Pilkada serentak di Kalteng dan segera melakukan berbagai kesiapan mulai asesmen petugas di TPS hingga pengamanan dalam tahapan Pilkada lainnya.

“Polda Kalteng dan TNI siap memgankan Pilkada serentak 2020 Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim,” ujar Dedi.

(banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: rendy nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved