Kabar Barito Utara

Gas Keluar dari Tanah di Kolong Rumah Mirdad, Polres Barito Utara Lakukan Ini

Lubang itu muncul dengan sendirinya, awalnya kecil saja, tapi mengeluarkan gas juga ada airnya, lubang tersebut, rawan terbakar jika ada percikan api,

Gas Keluar dari Tanah di Kolong Rumah Mirdad, Polres Barito Utara Lakukan Ini
Polres Barut
Semburan gas di bawah rumah seorang warga Barito Utara. 

TRIBUNKALTENG.COM, MUARATEWEH - Rumah Mirdad warga Kelurahan Tumpung Laung II, Kecamatan Montalat Kabupaten Barito Utara (barut), Kalimantan Tengah, Selasa (15/10/2019) malam didatangi banyak orang untuk melihat lubang dari dalam tanah bawah rumahnya yang terus menerus mengeluarkan gas.

Mirdad si pemilik rumah ini kaget dan tidak menyangka hingga ada gas yang keluar dari dalam tanah dibawah rumahnya yang telah puluhan tahun dihuninya tersebut, karena selama ini, dia tidak pernah tahu ada aliran gas bumi tepat di bawah rumahnya tersebut.

Lubang itu muncul dengan sendirinya, awalnya kecil saja, tapi mengeluarkan gas juga ada airnya, lubang tersebut, rawan terbakar jika ada percikan api, sehingga harus berhati-hati.

"Kami kaget dan tidak menyangka hingga ada aliran gas dibawah rumah," ujarnya kepada petugas.

3 Kantor Pemerintah Digeledah Terkait Dugaan Proyek Sumur Bor Fiktif, Satgas Sita Benda Ini

Heboh Crosshijaber, MUI Angkat Bicara:Ini Jelas Menyimpang

Suami Sah Datang di Pemberkatan Pernikahan, Pengantin Wanita Dibawa Polisi

Kontan saja hingga, Rabu (16/10/2019) warga Montalat terus berdatangan ke lokasi untuk melihat kejadian alam yang jarang terjadi tersebut, namun oleh polisi lokasi di policeline, karena lokasi munculnya gas tersebut rawan terbakar jika ada percikan api, bahkan pemilik rumah pun diungsikan sementara waktu.

Kapolres Barito Utara, AKBP Dostan M Siregar, mengatakan, pihaknya mendapat laporan, Selasa (15/10/2019) malam berlokasi di bawah rumah panggung milik Mirdad di RT. 5 Kelurahan Tumpung Laung II Kecamatan Montallat yang muncul sejenis gas yang keluar dari dalam tanah.

Kapolres mengungkapkan, gas tersebut, awalnya ditemukan Kurniansyah yang curiga karena terdapat bau yang tidak biasa seperti ada yang terbakar seperti bau ban kendaraan yang terbakar, atau bau batu bara yang terbakar, sehingga mencari sumber asal bau tersebut dan menemukan lokasi asal bau serta melakukan penggalian kecil pada lokasi tersebut sehingga mengakibatkan terdapat genangan air yang mendidih, tempat keluarnya gas.

Kondisi air yang berada di genangan tersebut panas, mendidih dan mengeluarkan uap dengan bau yang kurang sedap meski tidak terlalu menyengat, sehingga Polsek Montallat melakukan tindakan awal mengevakuasi pemilik rumah agar tidak tinggal dirumah tersebut untuk sementara waktu.

Melakukan policeline di sekitar lokasi dengan jarak 10m, mematikan aliran listrik di rumah tersebut, karena negatif kabel listrik berada di bawah tanah rumah tersebut, mengimbau masyarkat sekitar untuk tidak menyalakan api disekitar lokasi tersebut, menjaga lokasi tersebut oleh personil Polsek Montalat dan menghubungi instansi yg berkewenangan untuk mengecek kandungan Gas tersebut.

(Tribunkatleng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved