Berita Kobar

Musim Hujan Disertai Angin, Masyarakat Kobar Diimbau Waspada Pohon Tumbang

Cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang berpontensi pohon tumbang disejumlah titik di Kota Pangkalan Bun, Kobar dan patut diwaspadai warga

Penulis: Danang Ristiantoro | Editor: Sri Mariati
BPBD Kobar untuk Tribunkalteng.com
Petugas BPBD Kobar bersama instansi terkait lakukan evakuasi pohon tumbang, yang menutup jalan, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PANGKALAN BUN - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai Angin Kencang, belakangan ini kerap terjadi di dalam Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat dan sekitarnya.

Kondisi tersebut, telah membuat sejumlah pohon di dalam Kota Manis Pangkalan Bun tumbang.

Tak jarang, pohon yang tumbang berada di bahu jalan, sehingga bisa saja menimpa pengendara.

Untuk itu, guna mengantisipasi risiko tersebut, warga Kota Pangkalan Bun diimbau untun waspada dan lebih berhati-hati dengan ancaman pohon tumbang, akibat Angin Kencang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Martogi Siallagan, di tengah cuaca ekstrem saat ini masyarakat diimbau untuk menghindari berteduh dibawah pohon yang rimbun.

"Cuaca saat ini memang seringnya Angin Kencang disertai hujan. Untuk itu, diharapkan masyarakat tetap selalu waspada di jalan ketika ada angin kencang, agar tidak berada dekat dengan pohon yang rawan tumbang," kata Martogi Siallagan, Jumat (6/1/2023).

Baca juga: Badai Angin Kencang, Hujan Lebat Seluruh Kalteng, Waspada Pohon Tumbang dan Baliho di Palangkaraya

Baca juga: Cuaca Ekstrem di Tanahlaut Kalsel, Angin Puting Beliung Sebabkan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

Disebutkannya, bahwa beberapa hari terakhir inigelab terjadi pohon tumbang di sejumlah lokasi.

Beberapa lokasi yang terdampak antara lain di sekitar Jalan Sutan Syahrir kelurahan Sidorejo, Jalan M Idris RT 12 Desa Kumai Hulu Kecamatan Kumai, dan Jalan Iskandar Pasir Panjang.

Dari pantauan di lokasi, pohon yang tumbang tersangkut di kabel listrik.

"Di dua lokasi kejadian kondisi pohon hampir tumbang dan tertahan oleh kabel. Tentunya sangat berbahaya jika tidak ditangani secepatnya," sebutnya.

Martogi menjelaskan, dengan menggunakan perlengkapan seperti gergaji mesin, dan tambang, kemudian dari beberapa instansi terkait

Seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), perangkat desa, dan juga pihak dari Taman Nasional Tanjung Puting. Akhirnya, pohon tumbang berhasil dievakuasi dengan aman.

Baca juga: Hujan Deras dan Angin Kencang, Pekerja Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang saat Istirahat Bekerja

Baca juga: Hujan Lebat & Angin Kencang, Sebabkan Listrik Kawasan UPR Padam Akibat Terkena Pohon Tumbang

Terpisah, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Pangkalan Bun Aqil Ihsan menyampaikan, bahwa berdasarkan prakiraan cuaca, pada Sabtu dan Minggu besok, wilayah Kobar masih dilanda Hujan ringan hingga lebat.

"Prediksi hujan sedang akan terjadi merata di 6 Kecamatan pada pukul 13.00 WIB, hingga pukul 16.00 WIB, namun untuk Kotawaringin Lama  berawan," ungkapnya.

Ia juga mengimbau, mengingat kondisi saat ini musim hujan dan Angin Kencang, maka masyarakat agar memperhatikan kondisi pohon yang rawan tumbang dikarenakan Angin Kencang. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved