Berita Kotim

Kebakaran di Kotim, 11 Tahun Terbengkalai Bangunan di Jalan Sudirman Membara di Tengah Guyuran Hujan

Kebakaran di Kotim, Warga di sekitar Jalan Jenderal Sudirman Km 1, Sampit tepatnya di bangunan kosong yang tak berpenghuni sejak 11 tahun lalu

Penulis: Devita Maulina | Editor: Sri Mariati
Disdamkarmat Kotim untuk Tribunkalteng.com
Sebuah bangunan kosong di Kota Sampit, Kotim, yang 11 tahun tak difungsikan terbakar ditengah guyuran hujan. Tim Disdamkarmat Kotim bergerak cepat untuk memadamkan api yang membara. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT – Kebakaran di Kotim, Warga di sekitar Jalan Jenderal Sudirman Km 1, Sampit, digegerkan dengan kemunculan asap hitam yang membumbung tinggi dari salah satu bangunan kosong ,Selasa (20/9/2022).

Di tengah guyuran hujan yang cukup deras bangunan yang tak terurus selama kurang lebih 11 tahun tersebut terbakar, hingga tampak api yang membara di dalamnya.

Kejadian tersebut diketahui warga sekitar pukul 7:00 WIB dan segera menghubungi pihak Dinas )Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan) Disdamkarmat Kotim agar segera ditangani.

“Segera setelah mendapat laporan tim kami langsung meluncur. Sekitar pukul 7:10 WIB satu unit tim dari Disdamkarmat tiba di lokasi,” kata Atimaraanini, Sekretaris Disdamkarmat Kotim yang turut hadir di lokasi kebakaran.

Lokasi kebakaran tersebut berada di depan Kantor DPRD Kotim. Kejadian ini tak hanya menarik perhatian warga sekitar, tapi juga pengguna jalan.

Baca juga: Kebakaran di Kotim, Kapolsek Sebut Suara Ledakan Bukan Pemicu Awal Kebakaran Pasar Pundu

Baca juga: Kebakaran di Kotim, 2 Mobil dan 2 Sepeda Motor Hangus Dalam Kebakaran Pasar Desa Pundu

Karena api yang cukup besar Disdamkarmat Kotim mengirimkan 1 unit tim tambahan untuk membantu memadamkan api, jadi ada dua unit tim yang dikerahkan.

Di samping itu, datang pula bantuan satu mobil tanki dari tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan relawan pemadam api swadaya masyarakat.

Dengan banyaknya tim yang dikerahkan tak kurang dari 30 menit kebakaran tersebut dapat diatasi. Petugas berhasil menjinakkan api dan melakukan pendinginan.

Kendati demikian, pihak Disdamkarmat Kotim belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Walaupun, ada dugaan kebakaran berasal dari korsleting listrik.

“Untuk penyebabnya belum bisa kami pastikan karena perlu investigasi terlebih dulu,” ujarnya.

Sementara itu, seorang ahli waris dari bangunan yang terbakar tersebut, Ahmad Nasrudin membeberkan, bahwa bangunan tersebut sudah dari 2011 tidak difungsikan, artinya sudah sekitar 11 tahun bangunan tersebut tidak terurus.

Kemudian, pada 2012 barang-barang di dalam bangunan itu juga telah dikosongkan, sebagian ada yang dicuri oleh maling.

Baca juga: Kebakaran di Kotim, Puluhan Rumah dan Kios di Kawasan Pasar Pundu Cempaga Jadi Arang

Sehingga, untuk kerugian dalam peristiwa ini dinilai tidak terlalu besar, hanya menyebabkan kerusakan bangunan tua yang memang sudah lama tak digunakan.

“Kerugiannya tidak banyak, karena barang-barang di dalam kondisi kosong. Jadi untuk kejadian ini kerugiannya murni bangunan saja,” tuturnya.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran ini. Sementara pihak kepolisian setempat tengah menyelidiki lebih lanjut penyebab kebakaran dan asal mula api yang muncul. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved