Berita Palangkaraya

Ketua Bawaslu Kalteng Ungkap, 6 Jajaran Bawaslu Kabupaten Tercatat Dikeanggotaan Parpol Dalam Sipol

Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) mencatat terdapat enam orang jajaran bawaslu kabupaten tercatat sebagai anggota partai politik.

Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com/faturahman
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah (Kalteng Satriadi. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA- Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) terdapat enam orang jajaran bawaslu kabupaten tercatat sebagai anggota partai politik.

Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi, mengungkapkan, pembukaan hingga penutupan pendaftaran Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 dilakukan melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU tanggal 14 Agustus 2022.

Bawaslu Kalteng terus melakukan pencermatan dan mengintruksikan kepada seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se Kalteng untuk melakukan pencermatan dan pengecekan terkait keangotaan Parpol melalui Sipol tersebut.

Saat dilakukan pencermatan setidaknya ada enam orang jajaran Bawaslu di Kalteng yang tercatat keanggotaan Parpol yang terdapat dalam Sipol.

Baca juga: Ketua Bawaslu Kotim Ajak Masyarakat ‘Pelototi’ Netralitas ASN dalam Pemilu 2024

Baca juga: Pesta Demokrasi 2024, PMII Kalteng: Siap Kolaborasi Dengan Bawaslu Kawal Pemilu

Baca juga: NEWS VIDEO, Trafo Listrik Meledak di Palangkaraya, Relawan Tim ERP & BPK Antisipasi Kebakaran

“Dari Enam orang yang namanya tercatat di keanggotaan Parpol tersebut, satu orang Anggota Bawaslu di Kabupaten Kapuas, dan sisanya adalah staf di Sekretariatan Bawaslu di beberapa Kabupaten,” kata Satriadi, Selasa (16/8/2022).

Pihaknya, kata Satriadi, telah menyampaikan hasil pencermatan tersebut kepada KPU di daerah yang ditemui adanya nama jajarannya yang tercatat sebagai angota Parpol untuk menindaklanjuti dan mencoret NIK anggota dan staf yang tercatat di keangotan Parpol tesebut.

Bawaslu Kalteng, lanjut Satriadi, juga membuka Posko Pengaduan bagi masyarakat yang mengetahui namanya terdaftar dalam keanggotan atau kepengurusan Parpol, padahal yang bersangkutan merasa tidak pernah ikut menjadi anggota atau pengurus dari Parpol tersebut.

Untuk mengetahui atau mengecek apakah ada namanya tercatat baik di kepengurusan ataupun anggota parpol, masyarakat bisa mengecek kembali keanggotaan atau kepengurusan di link https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik .

Caranya menulis nama dan NIK sesuai KTP dan tekan "cari". 

“Posko pengaduan ini juga ada di seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se Kalteng, jadi masyarakat yang menemukan namanya tercatat di keaggotaan maupun kepengurusan Parpol, padahal merasa tidak pernah menjadi anggota atau pengurus Parpol, bisa menyampaikan hal ini melalui Posko Pengaduan tersebut”, kata Satriadi.

Disamping melakukan pencermatan terkait jajaran yang tercatat di Parpol, Bawaslu Kalteng dan Kabupatren/Kota juga melakukan pencermatan terhadap kepengurusan dan keanggotan Parpol guna melihat keanggotan yang ganda, atau keanggotan yang tidak memenuhi syarat.

Baca juga: NEWS VIDEO, Trafo Listrik Meledak di Palangkaraya, Relawan Tim ERP & BPK Antisipasi Kebakaran

Baca juga: NEWS VIDEO, Operasi Pasar Bawang Merah Palangkaraya Warga Serbu Kantor Kelurahan Langkai

Baca juga: NEWS VIDEO, Wisma di Palangkaraya Digerebek, Petugas Temukan Sajam Hingga Plastik Bekas Sabu

“Setidaknya kita sudah menemukan beberapa pengurus atau anggota Parpol yang tercatat dibeberapa Parpol, ada juga pengurus yang diketahui sudah meninggal dunia, ada juga yang NIK di KTA dan NIK di KTP beda, padahal orang dan alamatnya sama,”kata Satriadi. Terhadap semua hasil temuan tersebut nantinya akan disampaikan ke KPU setempat untuk ditindaklanjuti. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved