Berita Kotim

Ketua Bawaslu Kotim Ajak Masyarakat ‘Pelototi’ Netralitas ASN dalam Pemilu 2024

Bawaslu Kotim mengajak seluruh elemen masyarakat ‘mempelototi’ netralitas ASN dalam pelaksanaan pemilihan umum serentak (pemilu) 2024 mendatang

Penulis: Devita Maulina | Editor: Sri Mariati
Dok. Devita Maulina
Gelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, Bawaslu Kotim beri pemahaman ASN untuk bersikap netral dalam pemilu, Sabtu (13/8/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Badan pengawasan pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengajak seluruh elemen masyarakat berperan dalam mengawasi ‘mempelototi’ netralitas aparatur sipil negara (ASN), dalam pelaksanaan pemilihan umum (pemilu).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kotim Tohari, khususnya sehubungan dengan pemilu serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang.

“Untuk mengawasi pelaksanaan pemilu ini juga bisa dilakukan oleh masyarakat, jadi tidak hanya bawaslu saja. Setiap elemen masyarakat memiliki hak, dipilih maupun memilih,” ujarnya, Sabtu (13/8/2022).

Menurutnya, konsentrasi atau pengawasan dari masyarakat ini akan sangat berperan dalam mewujudkan demokrasi dan integritas pemilu yang baik.

Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat terlibat dalam pengawasan setiap tahapan Pemilu 2024.

“Harapan kami dengan demikian integritas pemilu itu bisa didapatkan, baik itu dari segi proses maupun hasilnya,” lanjutnya.

Baca juga: Bupati Kapuas Ben Brahim Harapkan ASN Bekerja Maksimal Layani Masyarakat dan Jadi Teladan

Adapun, untuk mengingatkan para ASN untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 Bawaslu Kotim menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif.

Sosialisasi ini membahas tentang tentang pengawasan pemilu partisipatif terhadap netralitas ASN, yang diikuti oleh perwakilan perangkat daerah (PD), tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta media di Kotim

Meskipun, sama-sama memiliki hak untuk memilih setiap ASN dan media diminta untuk bersikap netral, tanpa menunjukan keberpihakan terhadap suatu kandidat dalam pemilu.

Sebab, sikap ASN dan media ini dinilai dapat mempengaruhi kepentingan orang banyak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved