Berita Palangkaraya

KPU Kalteng Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024, Diawali Pendaftaran Parpol 26 Juli Mendatang

Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain Ibrohim mengatakan, tahun ini sudah masuk pada tahap awal pemilu 2024. Tahapan dengan pendaftaran Parpol ke KPU

Editor: Sri Mariati
TRIBUNKALTENG.COM/SRI MARIATI
Sambutan Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim pada kegiatan Coffee morning dalam kegiatan sosialisasi tahapan pemilu tahun 2024 di kantor setempat, Rabu (29/6/2022) pagi. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Walaupun pesta demokrasi 2024 masih dua tahun lagi, namun untuk tahap pemilu sudah mulai dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), tak terkecuali di KPU Kalteng.

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim mengatakan, tahun ini sudah masuk pada tahapan  pemilu 2024. Diawali tahapan pendaftaran partai politik (parpol) sebagai peserta pemilu.

Yang akan dibuka mulai tanggal 29 Juli hingga 13 Desember 2022 mendatang, termasuk verifikasi parpol.

“Sesuai tahapan itu nantinya maka pengurus pusat parpol yang mendaftarkan parpolnya sebagai peserta pemilu, maka akan terlihat siapa saja yang bisa ikut sebagai peserta pemilu,” ujarnya saat kegiatan coffee morning, Rabu (28/6/2022) pagi.

Baca juga: KPU Kalteng Buka Pelayanan Full Time, Siap Suskeskan Tahapan Hingga Pelaksanaan Pemilu 2024

Baca juga: KPU Kalteng Sudah Mengajukan Anggaran Pemilu Serentak Rp 87 Miliar ke Pemprov Kalteng

Harmain Ibrohim nmenjelaskan, walupun saat ini ada sekitar 75 parpol yang memiliki badan hukum, namun nantinya akan dilaksanakan kembali verifikasi administrasi bahkan verifikasi vaktual.

“Karena tahapannya adalah apakah semuanya memiliki badah hukum tidak, serta kelengkapan sesuai syarat verifikasi administrasi dan vaktual tersebut,” bebernya.

Dalam kegiatan tersebutpun mantan Anggota Komisioner KPU Kota Palangkaraya, sedikit membeberkan tahapan verifikasi administrasi  dan verifikasi vaktual untuk parpol sebagai peserta pemilu.

Diantaranya kepengurusan parpol ditingkat provinsi minimal 75 persen, sedangkan ditingkat kota/kabupaten minimal 50 persen, serta ada kepengurusan dan harus ada kantor.

“Misalnya untuk di kota, minimal di 5 kecamatan itu paling tidak ada 3 kantor kepengurusan parpol itu sendiri,” ungkap Harmain Ibrohim.

Hal lainnya adalah, untuk parpol yang sudah memiliki kursi yang duduk di DPRD maka tidak perlu lagi untuk ikut tahap verifikasi vaktual.

Baca juga: 136 Pengurus Ranting se Kalteng Sudah Terbentuk PAN Siapkan 8000 Saksi Untuk Pemilu

Sebab untuk verifikasi vaktual parpol telah lolos verifikasi 2019 dan lolos dan ketentuan parameter, atau ambang batas 4 persen artinya untuk kursi dan parpol tidak perlu verifikasi vaktual.

“Kalau tidak salah ada 9 parpol yang memiliki kursi di DPR maka tidak perlu ikut lagi,” ucapnya.

Dirinyapun mengharapkan, dengan sosialisasi tahapan pemilu 2024 ini, maka akan berjalan dengan lancar hingga pelaksanaan pemilu di tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Maka dari itu kami dari KPU Kalteng sangat mengharapkan kerjasama semua pihak termasuk keamanan peserta pemilu, lembaga terkait dan media, agar dapat berjalan dengan sukses,” pungkas Harmain Ibrohim. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved