Lebaran 2022

Arus Mudik 2022: Macet Parah di Tol Cikampek, Petugas Hanya Buka 1 Jalur dan Terapkan Ganjil Genap

Arus Mudik 2022: Kemacetan parah terjadi di jalur Tol Cikampek, hingga 8 gerbang memberlakukan ganjil-genap

Editor: Dwi Sudarlan
Kemenhun via Kompas.com
Arus Mudik 2022: Suasana kepadatan di Tol Cikampek sehingga diberlakukan sistem ganjil genap dan one way (satu jalur). 

TRIBUNKALTENG.COM - Arus Mudik 2022: Kemacetan parah terjadi di jalur Tol Cikampek, hingga 8 gerbang memberlakukan ganjil-genap untuk mengurangi penumpukan arus kendaraan

Tak hanya itu, untuk mengurangi kemacetan di Tol Cikampek, arus kendaraan menuju ke Jakarta terpaksa ditutup dan dialihkan ke arteri, sehingga berlaku sistem one way atau satu jalur.

Kondisi ini membuat para pengemudi mobil harus ekstra sabar karena arus lalu lintas padat merayap, bahkan perjalanan dari Jakarta ke Semarang, Jawa Tengah yang biasa 7 jam molor menjadi minimal 12 jam.

Kemacetan parah ini terjadi pada jalur meninggalkan Jakarta menuju arah ke beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca juga: Arus Mudik 2022: Harga Tiket Pesawat Gila-gilaan, Sempat Tembus Rp 9,7 Juta Terbang dari Jakarta

Baca juga: Mudik Kalteng, Kursi Penumpang Penuh, Harga Tiket Bus Naik, Ini Daftar Harganya

Baca juga: Mudik Kalteng, Waspadai 10 Titik Ruas Jalan Kritis di Kalteng, Pemudik Diminta Berhati-hati

Berdasar pantauan Kompas.com, arus kendaraan mudik Lebaran 2022 dari arah Barat mulai ramai di jalur Tol Semarang-Batang pada Kamis (28/4/2022) sekitar pukul 18.00 WIB.

Pelaksanaan one way telah diberlakukan mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Kota Semarang.

Salah satu pemudik asal Bekasi, Eka mengaku harus menempuh perjalanan sekitar 12 jam menuju GT Kalikangkung karena sempat terjebak kemacetan di wilayah Cikampek.

"Dari Bekasi berangkat pukul 06.00 WIB. Perjalanan macet dari KM 140 sampai KM 160. Sampai Cirebon pukul 13.00 WIB. Ini baru sampai Semarang pukul 18.00. Tadi di rest area cuma sekali," ungkap Eka saat mengantre transaksi pembayaran di GT Kalikangkung, Kamis (28/4/2022).

Meski perjalanan mudik sangat melelahkan, Eka yang hendak mudik ke Sragen ini mengatakan saat memasuki wilayah Jawa Tengah kondisi perjalanan cukup lancar.

"Jalanan padat, sangat capek. Tapi pas masuk Jateng masih lancar," ungkapnya.

Pemudik lain asal Banten, Arif juga mengaku, sempat mengalami kemacetan panjang di wilayah Cikampek.

Arus Mudik 2022: Suasana kepadatan di Tol Cikampek sehingga diberlakukan sistem ganjil genap dan one way (satu jalur), Kamis (29/4/2022) malam.
Arus Mudik 2022: Suasana kepadatan di Tol Cikampek sehingga diberlakukan sistem ganjil genap dan one way (satu jalur), Kamis (29/4/2022) malam. (Kompas.com/Riska Farasonalia)

Namun, setelah memasuki wilayah Jawa Tengah melalui Tol Semarang-Batang perjalanan lancar.

"Berangkat dari rumah Subuh. Tadi sempat keluar jalan tol, terus masuk lagi ke daerah Batang. Istirahat satu kali," kata Arif yang hendak mudik ke Solo.

Terpisah, Direktur Utama Jasa Marga Semarang-Batang, Prayudi mengatakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, pemberlakuan one way telah diberlakukan mulai Kamis (28/4/2022).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved