Berita Palangkaraya

NEWS VIDEO, Lebaran dan Salat Idul Fitri Diperlonggar, Warga Kalteng Diminta Tetap Taat Prokes

Hari Kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri Umat Islam tinggal menghitung hari lagi.Umat islam akan mudik lebaran. Namun diminta tetap taat prokes.

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Hari Kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri Umat Islam tinggal menghitung hari lagi.

Setelah hari ini genap menjalani 26 menjalankan ibadah berpuasa serta menjalani ibadah di bulan Ramadhan 2022.

Pemerintah pusat telah mepersilakan masyarakat untuk mudik dan silahturahmi saat lebaran namun diimbau tetap menjalankan Prokes ketat dan vaksinasi dosis lengkap. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian (Kanwil) Agama Provinsi (Kemenag) Kalimantan Tengah (Kalteng), H Noor Fahmi saat menghadiri Podcast Ruang Tamu Tribunkalteng.com memberikan wejanganya bagi masyarakat yang merayakan hari raya idul fitri 2022.

Baca juga: Pos Lebaran 2022 Palangkaraya, Sediakan Tim Kesehatan Fasilitas Istirahat Hingga Kopi Bagi Pemudik

Baca juga: Jumlah Penumpang di Bandara Tjilik Riwut Bertambah, Paling Banyak Rute Terbang Jakarta-Surabaya

Baca juga: Kecelakaan Maut di Jalan Kinibalu Palangkaraya, Korban Meninggal Berstatus Seorang Mahasiswi

Dia menganjurkan kepada umat Islam saat merayakan hari kemenangan, dengan tetap Prokes, vaksinasii dosis lengkap serta membayarkan kewajiban zakat fitrah. 

"Tahun ini masyarakat dipersilahkan untuk mudik, silahturahmi dengan keluarga. Sehingga akan membuat arus mudik luarbiasa setelah 2 tahun adanya larangan mudik," kata Noor Fahmi, Kamis (28/4/2022). 

Kemudian, mengenai salat idul fitri, dia memperkirakan masyarakat akan berbondong-bondong ke masjid atau lapangan untuk melaksanakan ibadah satu tahun sekali itu. Tidak lagi di rumah masing-masing seperti 2 tahun berjalan.

"Kalau salat lainnya jumlahnya ratusan. Salat idul fitri ini diperkirakan ribuan jemaah yang hadir. Namun saya tetap mengimbau agar umat islam agar prokes menggunakan masker," jelasnya. 

Demikian penerapan Prokes juga saat silahturahmi setelah salat idul fitri. biasanya masyarakat berkunjung dari keluarga satu ke keluarga selanjutnya. 

Selanjutnya, pihaknya telah mengikuti rapat yang digelar MUI Kalteng bersama organisasi Islam lainnya untuk menetapkan takaran zakat fitrah tahun 2022.

"Untuk zakat fitrah sudah disepakati dengan takaran 2,8 kg Atau 3,5 liter beras lebih besar dari tahun kemarin 2,5 kg. Melalui rapat bersama digelar MUI Kalteng," ujar Noor Fahmi. 

Pertimbangnya adalah lebih baik ada kelebihan daripada kekurangan, namun umat islam tahun lalu yang menyalurkan 2,5 kg beras tidak membatalkan zakat fitrah. 

Untuk yang tidak sempat membeli beras, panitia amil zakat menyediakan beras yang langsung dibeli ditempat. 

"Membayar zakat fitrah merupakan hal yang diwajibkan untuk umat Islam," pungkasnya. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved