Berita Palangkaraya

Memanfaatkan Digitalisasi Dalam Pelayanan Publik, Dishub Palangkaraya Memiliki Si-Lancip

Dinas Perhubungan Palangkaraya membuat inovasi aplikasi Si-Lancip untuk memudahkan dalam pelayanan publik untuk sektor perhubungan

Penulis: Devita Maulina | Editor: Sri Mariati
Screenshoot Fb Tribunkalteng.com
Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangkaraya Alman P Pakpahan hadir pada Podcast Ruang Tamu Tribun Kalteng, Rabu (9/3/2022) sore kemarin. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Pada era Digitalisasi masyarakat dituntut untuk lebih sadar akan fungsi media digital, sebagai alat transformatif yang berfungsi untuk memudahkan masyarakat.

Termasuk pada pelayanan publik yang memanfaatkan media digital sebagai alat untuk melayani masyarakat.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangkaraya, saat ini tengah gencar mempromosikan dan mensosialisasikan aplikasi digital yang telah dibuat sebagai satu diantara pelayanan publik yang dilakukan oleh Dishub Kota Palangkaraya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangkaraya Alman  Pakpahan, mengungkapkan telah membuat inovasi layanan publik untuk mewujudkan visi misi wali kota dan wakil wali kota Palangkaraya.

"Kita membangun sebuah inovasi dalam hal layanan publik agar langsung terasa di masyarakat untuk mewujudkan visi misi wali kota dan wakil wali Kota Palangkaraya dalam sektor perhubungan," ungkap saat menjadi narasumber Podcast Ruang Tamu Tribun Kalteng, Rabu (9/3/2022) kemarin.

Baca juga: Retribusi Parkir Penyumbang PAD Terbesar Tahun 2021 Dinas Perhubungan Kota Palangkaraya

Terang mantan Kepala Inspektorat Palangkaraya ini, dalam amanat atribusi instruksi dalam negeri yaitu memanfaatkan teknologi Digitalisasi.

"Latar belakangnya terdapat amanat atribusi instruksi dalam negeri terkait pencegahan korupsi dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi, kita manfaatkan teknologi ini untuk mengurangi potensi melawan hukum," tuturnya.

Sehingga langkah yang dilakukan dalam hal pelayanan publik Dishub Kota Palangkaraya, membuat aplikasi Sistem Pelayanan Citra Perhubungan (Si-Lancip) dengan beberapa layanan di dalamnya.

"Sekarang inovasi yang dibangun saat ini oleh Dishub Kota Palangkaraya yaitu Silancip atau Sistem layanan citra perhubungan," ujar Alman Pakpahan.

Baca juga: Tiga Sungai Kalteng Bakal Dilakukan Pengerukan untuk Mendukung PAD Sektor Perhubungan Laut

Di dalam aplikasi Si-Lancip terdapat sembilan layanan yang disediakan dalam aplikasi yaitu layanan urusan KIR kendaraan, ayanan Penjagaan dan pengaturan lalulintas, layanan Traffic light, layanan pengawasan keselamatan pelayaran, ayanan digital angkutan, ayanan fasilitas terminal, layanan parkir, layanan BRT gratis, dan layanan pengawasan kegiatan masyarakat gratis.

"Moto dan semangat 5 citra perhubungan satu diantaranya yaitu tanggap sehingga dalam melakukan suatu perubahan yang utamanya bagaimana kami bisa menjawab kebutuhan masyarakat dalam sektor pelayanan secara tanggap dan gesit," beber Alman Pakpahan.

Baca juga: Dishub Kota Palangkaraya Siapkan Petugas Layani Pengaturan Lalulintas hingga Patwal ke TPU

Selain itu juga bagaimana bisa melakukan penyelematan agar pengguna jalan merasa nyaman dan aman dalam berlalu lintas.

Upaya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan dalam berbagai layanan yang disediakan mendapatkan apresiasi terbaik urutan ke 18 se-Indonesia dan hal ini patut dibanggakan. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved