Breaking News:

Berita Sukamara

Program Shrimp Estate Diharapkan Mampu Tingkatkan Perekonomiam Warga Sukamara Kalteng

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah memprogram Shrimp Estate kawasan tambak udang moderen dengan cara budidaya yang intensif di Sukamara.

Editor: Fathurahman
istimewa
Sejumlah pejabat Pemprov Kalteng saat memantau hasil tambak udang paname di Kabupaten Sukamara. 

TRIBUNKALTENG.COM, SUKAMARA -Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah memprogram Shrimp Estate kawasan tambak udang moderen dengan cara budidaya yang intensif di Kabupaten Sukamara.

Bupati Sukamara H Windu Subagio, saat kunjungan pejabat Pemprov Kalteng ke Sukamara melakukan peninjauan tambak udang, Sabtu (11/12/2021) mengungkapkan pihaknya siap mensukseskan program tersebut di Sukamara.

Ditetapkannya shrimp estate di Kabupaten Sukamara untuk udang vaname dia sangat mengapresiasinya karena sudah mendukung dan mengembangkan shrimp estate menjadi suatu kawasan tambak udang yang moderen dengan cara budidaya yang intensif.

Bupati H Windu Subagio berharap dampak yang positif untuk masyarakat Sukamara setelah program tersebut berjalan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Sukamara.

“Dampak yang kami harapkan bisa membangkitkan perekonomian disekitar tambak shrimp estate, berkembangnya tenaga kerja dan adanya transfer tekhnologi dari pengelola shrimp estate ke masyarakat sekitar pantai," katanya.

Baca juga: Realisasi Sertifikat Tanah Warga Kalteng Program PTSL Tahun 2021 Mencapai 88.476 Bidang

Baca juga: NEWS VIDEO, IGI Kota Palangkaraya: Tingkatkan Kualitas Guru Memajukan Pendidikan di Kota Cantik

Baca juga: Retribusi Disnaker Palangkaraya Lampaui Target Rp102 Juta dari Penggunaan Tenaga Kerja Asing

H Windu Subagio juga menuturkan pihaknya  sangat mendukung penuh program udang vaname di Kabupaten Sukamara tersebut, sehingga nantinya diharapkan jadi komuditi andalan Kalteng.

Kabupaten Sukamara merupakan salah satu lokasi yang terpilih dari lima lokasi secara nasional yang mendapatkan prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupa program klaster tambak udang tahun 2020. 

Pengembangan budidaya tambak udang vaname di Kabupaten Sukamara antara lain di Desa Sungai Pasir, Desa Sungai Cabang Barat, dan Desa Sungai Baru di Kuala Jelai.

Lokasi klaster tambak udang Kabupaten Sukamara yang ada di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Lunci. Ini merupakan lahan tambak masyarakat seluas kurang lebih 5,2 hektare milik Pokdakan Mina Barokah.  

Pokdakan Mina Barokah telah menerima binaan dan pendampingan oleh Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Jepara sampai masa 3 tahun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved