Breaking News:

Kartu Debit Bank Mandiri

Mandiri Debit Magnetic Stripe Segera Diblokir, Ayo Cek Kartu Debit Anda

Bagi anda yang kebetulan kartu ATM alias debitnya masih menggunakan magnetic stripe, maka segeralah ke Bank Mandiri untuk mendapatkan ganti

TRIBUNNEWS.COM/ HERUDIN
Antrian nasabah di cabang Bank Mandiri. Mandiri Debit Magnetic Stripe Segera Diblokir, Ayo Cek Kartu Debit Anda 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Bank Mandiri akan menghentikan layanan Mandiri Debit berbasis Magnetic Stripe.

Bagi anda yang kebetulan kartu ATM alias debitnya masih menggunakan magnetic stripe, maka segeralah ke Bank Mandiri untuk mendapatkan ganti kartu berbasis chip.

Bank Mandiri akan segera melaksanakan Cleansing Mandiri Debit Magnetic Stripe.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Tertarik Peternakan Sapi di Sukamara Kalteng

Barang Rusak Inventaris Daerah Milik Pemko Palangkaraya Dimusnahkan Pakai Alat Berat

Cleansing Mandiri Debit Magnetic Stripe yakni pemblokiran kartu debit Magnetic Stripe nasabah oleh bank apabila nasabah belum melakukan konversi Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Mandiri Debit Chip sampai dengan batas waktu yang ditentukan.

Sementara itu dikutip dari laman bankmandiri.co.id, proses cleansing/blokir dilakukan bertahap sesuai kriteria expiry date atau batas masa aktif kartu.

Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. (kompas.com)

Tahap pertama, kartu ATM dengan expiry date 2021-2022 bakal diblokir pada 1 April 2021. Berikutnya, tahap kedua yakni kartu ATM dengan expiry date 2023-2025 dijadwalkan pemblokiran pada 1 Juni 2021.

Adapun tahap ketiga kartu ATM dengan expiry date 2026-2030 akan diblokir pada 1 Juli 2021. Dalam laman tersebut dijelaskan bahwa penggantian kartu debit berbasis Magnetic Stripe menjadi Chip sesuai dengan arahan Bank Indonesia.

Hal ini dilakukan demi keamanan nasabah dalam bertransaksi menggunakan Mandiri Debit.

“Bank Mandiri menerbitkan kartu Mandiri Debit Chip, sesuai dengan ketentuan atau regulasi dari BI, yaitu Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan / atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia,” tulis laman bankmandiri.co.id, dikutip pada Kamis (11/2/2021).

Seluruh jenis Mandiri Debit Magnetic Stripe wajib dilakukan penggantian, kecuali kartu bansos dan tani. Dijelaskan pula, konversi ini diperlukan untuk meningkatkan keamanan transaksi kartu debit baik dari sisi nasabah, toko/merchant, maupun Bank sebagai penyedia jasa.

Halaman
12
Editor: Anjar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved