Breaking News:

Berita Kapuas

Berikut Penjelasan Kabid Cipta Karya DPUPR-PKP Kapuas terkait Program PAMSIMAS

Sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (Pamsimas III) tahun anggaran 2021 digelar di Aula Dinas PUPR-PKP Kabupaten

Tribunkalteng.com/Fadly SR
Kabid Cipta Karya Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas, Jonnie 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM KUALAKAPUAS - Sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (Pamsimas III) tahun anggaran 2021 digelar di Aula Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (24/9/2020).

Ditemui banjarmasinpost.co.id usai sosialisasi, Kepala Bidang Cipta Karya (Kabid CK) Dinas PUPR-PKP Kapuas, Jonnie ST MM, menjelaskan PAMSIMAS ini adalah salah satu sumber pembiayaan, untuk penyediaan air minum atau air bersih dan sanitasi bagi masyarakat.

"Jadi bukan satu-satunya sumber pembiayaan dalam hal tersebut. Ada APBN, APBD, Dana Desa. Karena untuk penyediaan air bersih dan sanitasi ini memerlukan biaya besar. Tidak cukup hanya dari satu sumber pembiayaan saja," kata Jonnie.

Maka itu pihaknya pun menggelar sosialisasi dengan dihadiri sejumlah kepala desa, camat dan OPD terkait, agar semua bisa memahami program PAMSIMAS, khususnya PAMSIMAS III yang akan kembali dilaksanakan pada 2021 mendatang.

"Sosialisasi hari ini menyampaikan visi misi dari program ini. Nanti ada tindaklanjutnya lagi karena berkelanjutan sampai eksekusi tahun 2021. Ini terkait bagaimana kolaborasi dengan Pemerintah Desa untuk PAMSIMAS. Jadi dari kabupaten ada, pusat ada, dari desa ada," bebernya.

Disampaikannya pula, dari longlist atau daftar panjang yang ada, untuk PAMSIMAS III rencananya akan dilaksanakan pada 26 desa di Kabupaten Kapuas.

"Tapi tentu nanti akan kami akan seleksi lagi, sesuai dengan kemampuan dan syarat-syaratnya untuk program ini dan juga tergantung kebijakan pemerintah daerah dan kekuatan APBD kita," ungkapnya.

Karena, lanjutnya, prinsip program PAMSIMAS ini, akan menyediakan 80 persen dari pembiayaan yang diperlukan.

Sosialisasi Program PAMSIMAS III 2021, Ini yang Diharapkan Plt Kadis PUPR-PKP Kapuas

2.108 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Jalani Isolasi di Flat Isolasi Mandiri Wisma Atlet

Gara gara Ban Pecah, Pengemudi Mobil Ini Tabrak Pohon di Gunung Kayangan Tala Kalsel

"Misal, contoh, kalau mengusulkan 10 desa, jadi akan dibiayai APBN 8 desa, lalu dari APBD dua desa, seperti itu. Misal lagi, kalau kita mengusulkan 20, berarti 16 dari APBN dan 4 dari APBD, demikian seterusnya," bebernya.

Halaman
123
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved