Breaking News:

Berita Kapuas

Sosialisasi Program PAMSIMAS III 2021, Ini yang Diharapkan Plt Kadis PUPR-PKP Kapuas

Sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (PAMSIMAS III) tahun anggaran 2021 digelar

Tribunkalteng.com/Fadly SR
Sosialisasi program PAMSIMAS III tahun anggaran 2021 di Aula Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas, Kamis (24/9/2020 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (PAMSIMAS III) tahun anggaran 2021 digelar di Aula Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (24/9/2020).

Kegiatan dihadiri sejumlah kepala desa, camat dan OPD terkait lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, PUPR Provinsi dan sejumlah undangan lainnya.

Sosialisasi dibuka Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Septedy, didampingi Plt Kepala Dinas (Kadis) PUPR-PKP Kapuas, Teras dan Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya (CK) DPUPR-PKP Kapuas, Jonnie.

"Tadi kami sosialisasi PAMSIMAS III untuk pelaksanaan tahun 2021. Disosialisasikan sekarang agar semua bisa dipersiapkan dengan baik demi lancarnya program yang nanti kembali dijalankan tahun depan," kata Kepala Dinas PUPR-PKP Kapuas, Teras kepada banjarmasinpost.co.id.

2.108 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Jalani Isolasi di Flat Isolasi Mandiri Wisma Atlet

Gara gara Ban Pecah, Pengemudi Mobil Ini Tabrak Pohon di Gunung Kayangan Tala Kalsel

Dilanjutkannya, PAMSIMAS ini adalah program yang sangat baik dalam hal penyediaan air minum atau air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat.

"Dalam program ini adalah beberapa hal yang harus dipahami, misal terkait pembiayaannya, yang memang harus kolaborasi dengan desa dan partisipasi masyarakat, maka itu kami sosialisasi jauh-jauh hari agar dipahami dengan baik," ujarnya.

Dimana, lanjutnya, untuk program tersebut, pusat akan membantu anggaran 80 persen dari pembiayaan yang diperlukan. Lalu yang perlu dipahami dalam program PAMSIMAS ini ada peran serta desa dan kontribusi serta partisipasi masyarakat.

Dimana desa perlu menyiapkan anggaran sebesar 10 persen dari total pembiayaan program tersebut untuk desanya. Kemudian 20 persen dari masyarakat tetapi bukan dalam bentuk uang secara keseluruhan, berupa In cash dan In kind sebagaimana syarat dari program tersebut.

"Jadi kiranya desa harus berkesiapan dalam penyusunan APBDes jangan sampai terlambat, saat ini sudah tahap penyusunan agar nanti bisa dilaksanakan tahun 2021," harapnya.

Kebutuhan masyarakat akan sanitasi dan air bersih menjadi perhatian pemerintah salah satunya melalui program PAMSIMAS ini.

"Untuk itu kami harapkan kesiapan desa terhadap Program PAMSIMAS ini, sehingga nantinya dalam pelaksanaan berjalan sebagaimana mestinya," pungkasnya.
(Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved