Breaking News:

Berita Kapuas

Petugas KUA Basarang Minta Calon Pengantin Taati Protokol Kesehatan

Petugas KUA Basarng, Kapuas, Kalteng, tidak lagi membatasi layanan di tengah pandemi Covid-19 tetapi meminta calon pengantin taati protokol kesehatan.

KUA BASARANG KAPUAS UNTUK TRIBUN KALTENG
Pasangan calon pengantin foto bersama setelah berurusan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Editor: Alpri Widianjono

TRIBUN KALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Aktivitas di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng ), mulai terihat ramai lagi di hari kerja. 

Diketahui, KUA kecamatan sejatinya memang memberikan pelayanan di bidang keagamaan di wilayah kecamatan tak terkecuali untuk pernikahan.

Penyuluh Agama di  KUA Kecamatan Basarang, Abdul Hamid, membenarkan terjadi peningkatan pelayanan pernikahan. Seperti yang dilakukannya kepada 9 pasang calon pengantin yang telah diberikan kursus calon pengantin.

"Kegiatan tersebut hanya untuk calon pengantin yang sudah mendaftar terlebih dulu, sebelum pelaksanaan ijab qabul," katanya, Jumat (21/8/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, setidaknya dapat memberikan informasi kepada pasangan calon pengantin terkait pernikahan yang nanti dijalani sehingga terwujudlah keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

Ditlantas Polda Kalteng Sudah Salurkan Bantuan Sosial kepada 2.828 Pengemudia Angkutan Umum

Penjambret Resahkan Pengendara di Palangkaraya Kalteng ini Ternyata Seorang Residivis

Pedofil di Kapuas Kalteng Ditangkap Polisi, Pelaku Sodomi 20 Bocah Laki-laki

Kapolres Kapuas Naik Trail ke Pelosok Mentangai, Cegah Karhutla dan Bagikan Sembako

Kades Bungai Jaya Berharap Ada Pabrik Pengolahan Nenas Madu Kalengan di Basarang

"Kegiatan kursus calon pengantin ini agenda wajib yang harus disampaikan karena di situ ada ilmu, nasihat dan pembinaan pelestarian perkawinan yang sangat berguna bagi calon pengantin sebelum menapaki bahtera berumah tangga nanti," tandas Hamid

Kepala KUA Kecamatan Basarang yang juga Ketua Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4),  Fahrurrazi, membenarkan telah pelayanan kepada masyarakat yang makin meningkat.

Dikatakan, sebelum Idul Adha 1441 Hijriah lalu, ada surat edaran pemerintah yang membatasi kegiatan karena sedang terjadi pandemi Covid-19.

"Setelah surat edaran dicabut dan diperbolehkannya aktivitas keagamaan, membuat pelayanan pernikahan di KUA Kecamatan Basarang meningkat," ujarnya.

Ia pun mengatakan pihaknya selalu siap dengan segala kondisi, terutama peningkatan aktivitas layanan di KUA Basarang dalam menyambut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sekarang ini.

"Meski meningkat, pelayanan tetap harus mengikuti dan menggunakan protokol kesehatan karena wabah pandemi Covid-19 ini belum selesai, termasuk pelaksanaan kursus calon pengantin yang juga tetap mengikuti protokol kesehatan," tandasnya.

(Tribun Kalteng/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Alpri Widianjono
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved