Khasiat Obat Tradisional Dayak

Sembuhkan Amandel dengan Kulit Kayu Halaban, Ternyata Kayunya Juga Digunakan Untuk Ini

Kulit kayu halaban yang dalam bahasa Dayak disebut kayu kalapapa memiliki khasiat ampuh, sejak dulu sudah digunakan oleh masyarakat Dayak di Kalteng

Sembuhkan Amandel dengan Kulit Kayu Halaban, Ternyata Kayunya Juga Digunakan Untuk Ini
Tribunkalteng.com/faturahman
Kayu Halaban dipercaya bisa sembuhkan penyakit amandel 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Banyak sekali tanaman obat-obatan ramuan tradisional dayak berasal dari tumbuhan di Kalimantan Tengah yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit maupun untuk kebugaran.

Salah satu tanaman yang sejak lama dipakai warga dayak untuk menjaga kesehatan maupun untuk obat adalah kulit kayi pohon halaban yang merupakan tanaman yang tumbuh di Hutan Kalteng.

Kulit kayu halaban yang dalam bahasa Dayak disebut kayu kalapapa memiliki khasiat ampuh, sejak dulu sudah digunakan oleh masyarakat Dayak di Kalteng untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang disebut amandel.

Kulit kayunya berwarna cokelat kehitaman. Pohon ini tumbuh besar sekali, karena masuk katregori tumbuhan liar yang biasanya kayu dari pohon halaban ini digunakan untuk membuat kapal, berkonstruksi kayu yang kuat, kadang juga untuk dibuat arang.

Meningkatkan Keperkasaan Lelaki, Saluang Belum Banyak Tumbuh di Hutan Kalimantan

Link Streaming Kualifikasi Piala Dunia 2022, Malam Ini Timnas Indonesia Vs Malaysia

Subsidi Listrik Bakal Dicabut, 6,9 Juta Pelanggan Bakal Terdampak

"Kulit kayu maupun daun pohon halaban, sejak dulu selain digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, yang disebut dengan amandel juga bisa sebagai obat kuat bagi kalangan laki-laki saat diranjang," ujar Dariti warga Kalteng, yang pernah merasakan khasiatnya.

Hutan Kalteng dan orang dayak punya banyak obat-obatan tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

"Ada yang sudah bisa dibuktikan dengan sains atau penelitian. Ada juga yang belum dibuktikan melalui penelitian.Untuk kesembuhan kadang juga ada unsur magic nya," ujar Dariti. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved