Kerusuhan di Rutan Sialang Bungkuk

Edan! Di Rutan Ini Semua Harus Bayar: Tidur, Pindah Ruangan, Sampai BAB

Satu di antaranya adalah persoalan dugaan pungutan liar. Hal ini menggambarkan betapa besarnya bisnis ilegal yang terjadi di rumah tahanan ini.

Edan! Di Rutan Ini Semua Harus Bayar: Tidur, Pindah Ruangan, Sampai BAB
tribunpekanbaru
Ratusan tahanan dipindahkan dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru. 

TRIBUNKALTENG.COM, PEKANBARU - Kaburnya ratusan tahanan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pekanbaru, Jumat (5/5), menguak berbagai penyimpangan yang terjadi di Rutan ini.

Satu di antaranya adalah persoalan dugaan pungutan liar. Hal ini menggambarkan betapa besarnya bisnis ilegal yang terjadi di rumah tahanan ini.

H Usman misalnya, orangtua dari salah satu tahanan yang ada di rutan ini membeberkan praktek-praktek pungutan liar yang ia ketahui.

Misalnya saja untuk memindahkan tahanan ke ruang tahanan bagi anaknya ia harus merogoh kocek hingga Rp 7 juta.

rutan
Suasana Rutan Sialang Bungkuk di Pekanbaru berangsur kondusif setelah ratusan tahanan kabur (tribunpekanbaru)

Mengingat ruangan tempat anaknya ditahan sangat tidak layak yang berisi hingga 80 orang. Padahal ruangan tersebut diperuntukkan untuk belasan tahanan saja.

"Supaya anak saya bisa pindah ruangan saya harus bayar tujuh juta. Kalau tidak bayar kasihan anak saya, tidur saja tidak bisa," kata Usman.

Tidak hanya berhenti di situ, menurutnya masih banyak praktek pungutan liar lainnya. Misalnya, saat keluarga tahanan membesuk, menurutnya jika ingin proses besuk tidak perlu mengantre dan berlangsung lama harus membayar sebesar Rp 50.000.

Namun demikian, uang tersebut memang tidak diberikan langsung kepada petugas melainkan kepada Tamping (Napi yang membantu petugas rutan, red).

"Kalau mau membesuk itu kan kita harus mengantre, ya kalau mau cepat harus bayar. Waktu besuk juga dibatasi dan kalau mau lama bayar lagi. Bervariasi ada yang Rp 20 ribu ada yang Rp 50 ribu," jelasnya.

Tribun juga mendapatkan pengakuan dari keluarga tahanan lainya, Erlinda. Menurutnya ia juga harus membayar sebanyak Rp 2.500.000 supaya sang adik yang terjerat kasus pencurian mendapatkan ruangan yang lebih layak.

rutan
Ratusan tahanan dipindahkan dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru beberapa saat setelah ratusan tahanan kabur dari rutan tersebut (tribunpekanbaru)
Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved