Kabar Palangkaraya

Kalteng Sumbang Rp19,1 Miliar Untuk Korban Gempa dan Tsunami Sulteng dan NTB

Hasil penggalangan dana dari rakyat Kalteng untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng dan NTB terkumpul dana Rp19,1 milyar.

Kalteng Sumbang Rp19,1 Miliar Untuk Korban Gempa dan Tsunami Sulteng dan NTB
tribunkalteng.com/faturahman
Bantuan Kalteng sebesar Rp19 miliar lebih akan disalurkan ke korban gempadi NTB dan Sulawesi Tengah.(faturahman) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA -Bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng) serta gempa di Lombok Provinsi NTB mengalir dari seluruh provinsi di Indonesia, tidak terkecuali dari warga di Provinsi Kalteng.

Hasil penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tangah dari berbagai kalangan mulai pejabat tokoh masyarakat, pengusaha, perusahaan swasta hingga Pemprov Kalteng serta Pemkab se Kalteng serta Pemko Palangkaraya terkumpul dana sebesar Rp19,1 milyar.

Pengumpulan sumbangan dilakukan  usai pelaksanaan Apel HUT TNI ke 73 di Halaman Mapolda Kalteng, Jumat (5/10/2018).

Perincian sumbangan antara lain, Pemprov Kalteng Rp 2 miyar, Gubernur Kalteng secara pribadi dan keluarga Rp1 milyar, Polda Rp1,5 milyar, DAD dan APTA Rp 7,5 milyar, Pemerintah, kabupaten/kota Rp7 milyar dan Korem Rp100 juta.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Pekan 6 di RCTI, MNC TV - Liverpool vs Man City!

Baca: Fadli Zon Beberkan Kronologi Pertemuan dengan Ratna Sarumpaet Hingga Mengaku Berbohong Dianiaya

Baca: Ketua Bawaslu Kalteng Janji Netral Meski Kakak Ipar Mencaleg

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, mengatakan, bantuan tersebut akan dikumpulkan dan gabung yang nantinya akan diserahkan kepada pengelola dana untuk korban Gempa di NTB dan Sulawesi Tengah.

"Ini bentuk kepedualian warga Kalteng untuk korban gempa di NTB dan Sulawesi Tengah, kami akan salurkan dana tersebut hingga ke pihak yang memang berhak menerimanya," ujar Gubernur Kalteng.

Sementara itu, Bupati Barito Utara, Nadalsyah, mengatakan, pihaknya para bupati dan Wali Kota se Kalteng sepakat menyumbang masing-masing Rp500 juta sehingga totalnya menjadi Rp7 miliar."Ini bantuan dari pemerintah Kabupaten dan Kota se Kalteng,"ujarnya.

Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Anang Revandoko,  Jumat (5/10/2018) sore  bertolak ke lokasi gempa di Sulawesi Tengah untuk menyalurkan bantuan berupa obat-obatan, Uang dan bahan makanan, juga pakaian ke korban gempa.

Baca: Sutopo BNPB Kagetkan Jokowi karena Penyintas Kanker Paru Stadium 4B, Ini Harapannya Pada Presiden

Baca: Setelah Registrasi CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id, Selanjutnya Apa?

Bukan hanya itu, Polda Kalteng juga akan menyalurkan empat kendaraan roda empat untuk membantu pengamanan di lokasi gempa, karena selama ini bantuan kerap dijarah warga sehingga perlu ada kendaraan agar tidak dijarah.

"Kendaraan ada empat unit, yang akan dipakai untuk pengananan dari TNI dan Polri di lokasi gempa, sehingga untuk bantuan yang masuk ke lokasi akan dikawal oleh petugas pengamanan ," ujar Kapolda Kalteng.

Kapolda berangkat ke lokasi gempa dikawal sejumlah direkturnya dan pejabat Polda Kalteng yang sudah siap dalam mengawal semua bahan bantuan yang dikirim dari Kalteng ke Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

"Ada sekitar 15 personil yang akan dikirim ke lokasi gempa untuk membantu korban gempa disana, nantinya mereka akan mengawal bantuan hingga lokasi yang tepat mengelolanya,"ujarnya lagi.(tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help