Berita Palangkaraya

Kapolresta Palangkaraya: Perlu Mengubah Pola Pikir dan Mata Pencarian Bagi Warga Kampung Ponton

olresta Palangkaraya akan bantu mengubah pandangan Kampung Ponton, menjadi kawasan bersih dari narkoba (Bersinar)

Penulis: Pangkan B | Editor: Sri Mariati
TRIBUNKALTENG.COM/PANGKAN BANGEL
Kapolresta Palangkaraya Kombes Pol Budi Santosa saat menyampaikan perkembangan kasus meninggalnya Aipda Andre Wibisono di Kampung Ponton, Selasa (6/12/2022) lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Polresta Palangkaraya akan bantu mengubah pandangan Kampung Ponton, menjadi kawasan bersih dari narkoba (Bersinar), Kamis (8/12/2022).

Pasalnya kawasan padat penduduk tersebut, diduga telah lama menjadi tempat peredaran gelap narkotika di Kota Palangkaraya.

Bahkan kerap kali Satresnarkoba Polresta Palangkaraya, berhasil mengungkap sejumlah kasus peredaran narkotika di kawasan tersebut.

Hal ini membuat pandangan negatif terhadap kawasan tersebut pun mencuat, hingga masyarakat mengenal kawasan tersebut sebagai Kampung Narkoba.

Kapolresta Palangkaraya Kombes Pol Budi Santosa memberikan tanggapan terkait upaya penegakan hukum di kawasan Kampung Ponton.

“Upaya penegakan hukum telah beberapa kali dilakukan, terakhir pada September 2022 lalu oleh Tim Gabungan dari Ditresnarkoba Polda Kalteng, Satresnarkoba Polresta Palangkaraya, dan jajaran dengan melakukan penertiban dan patroli di Kampung Ponton,” terangnya pada Tribunkalteng.com.

Baca juga: Begini Kronologi Pengeroyokan Aipda Andre Wibisono di Kampung Ponton Palangkaraya Hingga Tewas

Baca juga: Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin Sebut Perlu Kerjasama Bersihkan Kampung Ponton dari Narkoba

Kapolresta mengatakan, semua mengetahui kawasan Kampung Ponton akan dijadikan proyek oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah (BNNP Kalteng) sebagai Kampung Bersinar.

“Akibat kejadian kemarin, Polda Kalteng telah melakukan rapat koordinasi oleh seluruh jajaran instansi yang berkompeten untuk merubah wajah dari Kampung Ponton,” ungkapnya.

Tujuannya, membersihkan kampung tersebut dari peredaran gelap narkotika yang selama ini telah menjadi identitas kawasan tersebut.

“Dari seluruh stakeholder ini, komitmen awal ialah melakukan patroli dan penertiban pada kawasan Kampung Ponton,” ujar Kombes Pol Budi.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan munculnya kejadian seperti sebelumnya di masa mendatang.

Baca juga: Polisi Berpangkat Aipda Diduga Dibunuh di Kampung Ponton, Luka Tembak, Sayatan Sajam di Tubuh

Baca juga: Kapal Penarik Ponton Karam di Sungai Kedang Kepala Kukar, 4 Selamat dan 2 Orang Hilang

Kapolresta juga menjelaskan proyek jangka panjang pada kawasan Kampung Ponton, serta memikirkan bagaimana cara membentuk pola pikir masyarakat di kawasan tersebut.

“Membentuk pola pikir masyarakat yang mungkin mendapatkan rezeki dari peredaran narkoba, dapat melakukan aktivitas dan mata pencaharian lain guna mendukung kesejahteraan hidupnya,” tutur Kombes Pol Budi.

“Hal ini telah kami lakukan rapat dan akan segera direalisasikan di lapangan,” tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved