Berita Kotim

Jalan Lingkar Selatan Sampit Diperbaiki, 10 PBS Belum Setor Dana Konsorsium Terkumpul Rp2 Miliar

Jalan Lingkar Selatan Sampit Diperbaiki agar fungsional, karena mengalami kerusakan berat, dana terkumpul cuma Rp2 Miliar 10 PBS belum setor.

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Dok. DPUPRPRKP Kotim untuk Tribunkalteng.com
Jalan Lingkar Selatan Sampit Diperbaiki agar fungsional, karena mengalami kerusakan berat, dana terkumpul cuma Rp2 Miliar 10 perusahaan besar swasta (PBS) belum setor. Proses perbaikan Jalan Mohammad Hatta atau Jalan Lingkar Selatan menggunakan material agregat. Pengerjaan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPRKP) menggunakan dana yang terkumpul melalui konsorsium bersama puluhan PBS di Kotim.   

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT -Jalan Lingkar Selatan Sampit Diperbaiki agar fungsional, karena mengalami kerusakan berat, dana terkumpul cuma Rp2 Miliar 10 perusahaan besar swasta (PBS) belum setor.

Perbaikan darurat Jalan Mohammad Hatta atau Jalan Lingkar Selatan, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai dilaksanakan, pada 17 September 2022 kemarin.

Pengerjaan diawali dengan penumpukan material agregat di pinggiran jalan sebelum diratakan.

Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Setda Kotim, Alang Arianto, menyampaikan perbaikan jalan diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPRKP).

Baca juga: Stok Darah PMI Kotim Mengkhawatirkan, Hanya Cukup 2 Hari Memenuhi Kebutuhan Pasien RS

Baca juga: Pasar Murah Tekan Inflasi di Kotim, Emak-emak Antusias Membeli, 1 Jam 2000 Paket Bapok Ludes

Baca juga: Kekerasan Seksual di Palangkaraya, Korban Anak di Bawah Umur Wajib Didampingi Hingga Persidangan

“Pengerjaannya dimulai dari kemarin, sudah dua hari berjalan. Untuk teknisnya dilakukan oleh DPUPRPRKP,” ujarnya, ketika dihubungi, Minggu (18/9/2022).

Ia melanjutkan, sesuai rencana sebelumnya perbaikan jalan ini dilaksanakan melalui konsorsium dengan perusahaan besar swasta (PBS).

Walaupun, belum semua pbs menyetorkan dana konsorsium tersebut, namun perbaikan jalan sudah dilaksanakan demi kenyamanan pengguna jalan.

Adapun, sampai hari ini dari 51 PBS masih ada 10 PBS yang belum menyetorkan dana konsorsium. Pemkab Kotim pun masih memberi kesempatan bagi ke-10 PBS tersebut untuk menunaikan pembayaran, selama perbaikan jalan masih dilaksanakan.

10 PBS yang belum menyetorkan dana konsorsium tersebut antara lain, PT Tugas Agro Subur Kencana (TASK) I, II, dan III, PT Hamparan Mawasit Bangun Persada, PT Menteng Jaya Sawit Perdana, PT Agro Indomas, PT Karya Makmur Sejahtera, PT Intiga Prabhakara Kahuripan, PT Adhyaksa Dharma Satya, PT Bisma Dharma Kencana, PT Bumi Hutan Lestari, dan PT Sinar Citra Cemerlang.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, DPUPRPRKP Kotim, Mentana mengatakan sejauh ini pengerjaan sudah sampai pada pemerataan material agregat. Jalan yang akan dikerjakan adalah sepanjang 1.825 meter. 

Pada estimasi awal pengerjaan jalan ini dengan material agregat membutuhkan dana sekitar Rp 4,7 miliar. Namun, yang terkumpul saat ini baru sekitar Rp 2 miliar.

Kendati demikian, pihaknya akan berupaya untuk memaksimalkan penggunaan dana yang terkumpul untuk perbaikan darurat jalan tersebut, minimal agar dapat fungsional.

“Sesuai instruksi bupati pengerjaan jalan tetap kami laksanakan, walaupun dana yang terkumpul belum semuanya. Ditargetkan sebelum bulan depan sudah selesai,” pungkasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved