Berita Kotim

Polres Kotim Tertibkan Knalpot Brong, Dikeluhkan Warga 16 Kendaraan Roda Dua Diamankan Petugas

Polres Kotim tertibkan Knalpot Brong yang selama ini mengganggu masyarakat serta membuat resah pengendara yang ada disekitarnya.

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Dok. Satsamapta Polres Kotim
Polres Kotim tertibkan knalpot brong. Personel  Satsamapta Polres Kotim melakukan penertiban terhadap kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong karena telah menimbulkan keresahan masyarakat akibat suara bising dari knalpot tersebut. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT -Polres Kotim tertibkan knalpot brong yang selama ini meresahkan masyarakat, lantaran menimbulkan suara bising sehingga sangat mengganggu warga.

Sebanyak 16 kendaraan roda dua diamankan oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Satsamapta Polres Kotim.

Kapolres Kotim, AKBP Sarpani, melalui Kasat Samapta, AKP Agung Budi Santoso, menjelaskan operasi penertiban kendaraan bermotor ini berawal dari keluhan masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya penggunaan knalpot brong dan aktivitas balap liar pada malam hari di sekitaran Kota Sampit.

“Kami menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut dengan menggelar operasi penertiban dan dari operasi itu kami berhasil mengamankan sejumlah kendaraan dalam beberapa jam saja,” ungkapnya, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Tim PPRC Patroli Harkamtibmas di Palangkaraya, 8 Kendaraan Gunakan Knalpot Brong Diamankan

Baca juga: Satlantas Polresta Palangkaraya Tindak Pengendara Motor Knalpot Bising

Baca juga: Pondok Jalan Mahir Mahar Palangkaraya Terbakar, Api Diduga Berasal Dari Percikan Api Listrik

Lanjutnya, operasi penertiban itu dilaksanakan pada Sabtu malam (10/9/2022) pukul 21:00 WIB sampai Minggu (11/9/2022) pukul 4:00 WIB.

Sengaja dilakukan pada waktu itu, karena biasanya pada Sabtu malam mobilitas masyarakat, khususnya kalangan muda-mudi di jalanan meningkat.

Operasi penertiban dilaksanakan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Jalan HM Arsyad, Jalan Tjilik Riwut, dan Jalan Muchran Ali. Petugas tak segan memberhentikan kendaraan yang menggunakan knalpot brong.

Tak hanya di jalan raya, petugas kepolisian juga melakukan penertiban di tempat keramaian. Misalnya, kendaraan yang terparkir di kafe-kafe tak luput dari operasi tersebut.

“Selain memeriksa kelengkapan fisik kendaraan pihaknya juga memeriksa surat-menyurat kendaraan untuk memastikan kendaraan tersebut bukan hasil curian,” lanjutnya.

Dari operasi tersebut sebanyak 16 kendaraan roda dua langsung diamankan ke Markas Polres Kotim. Sementara, pengguna atau pemilik kendaraan yang terjaring razia diberikan sanksi berupa tilang.

Kendaraan roda dua yang disita itu boleh diambil kembali oleh pemiliknya dengan membawa bukti kepemilikan yang sah dan sebelum diambil yang bersangkutan harus membawa knalpot standar untuk mengganti knalpot brong yang sudah terpasang.

Ia menambahkan operasi tersebut,  akan terus dilaksanakan untuk menciptakan situasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat, serta pengendara lainnya. Ia pun mengimbau seluruh pengendara untuk mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku, termasuk dalam hal larangan penggunaan knalpot brong. Sebab, sangat mengganggu kenyamanan pengendara lain dan masyarakat.

“Begitu juga dengan pelaku balap liar agar berhenti melakukan hal tersebut karena sangat berbahaya, bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga pengendara lain dan warga sekitar,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved