Berita Kotim

Bahayakan Pengunjung, Kumpulan Lebah Bersarang di Bawah Tugu Taman Kota Sampit Dimusnahkan

Membahayakan pengunjung Taman Kota Sampit, kumpulan lebah yang ingin bersarang di bawah tugu taman kota sampit di musnahkan.

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Dok. Disdamkarmat Kotim
Membahayakan pengunjung , personel Disdamkarmat Kotim, melakukan pembasmian koloni lebah madu yang ingin membuat sarang di bagian bawah Tugu Taman Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) melakukan pembasmian. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Membahayakan pengunjung Taman Kota Sampit, kumpulan lebah yang ingin membuat sarang di bagian bawah tugu taman kota sampit dimusnahkan.

Pemusnahan kumpulan lebah madu yang ingin membuat sarang tersebut diketahui seorang tukang parkir bernama Masykur yang ada di lokasi tersebut.

Tukang parkir tersebut dikagetkan dengan keberadaan koloni lebah madu yang berkumpul di bawah tugu yang berada di pusat taman tersebut, pada Jumat (2/9/2022).

Segerombolan lebah tampak hendak membuat sarang di lokasi tersebut, sehingga membuat pria bernama Masykur ini khawatir jika sewaktu-waktu lebah-lebah itu menyengat pengunjung lokasi wisata tersebut.

Baca juga: Dinkes Kotim Kekurangan Stok Vaksin, Capaian Vaksinasi Booster Tahap Dua Nakes Belum Optimal

Baca juga: Harga BBM Naik, Agen Bus Angkutan Penumpang AKAP Kalteng Juga Akan Naikkan Tarif

Baca juga: Bukan Lebah Naning, Tawon Vespa yang Menyengat Sopir Taksi di Kapuas hingga Meninggal, Ini Bedanya

“Waktu itu saya sedang iseng jalan-jalan sekitar taman lalu melihat kerumunan lebah di bawah tugu Taman Kota Sampit. Takutnya keberadaan lebah itu mengganggu pengunjung,” ujar Masykur.

Kemudian, ia berinisiatif mendatangi markas komando (mako) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotim yang berada tak jauh dari Taman Kota Sampit, yakni di komplek Museum Kayu Sampit. 

Ia meminta bantuan petugas untuk membasmi serangga penyengat tersebut agar tidak sampai menyerang warga yang berkunjung ke Taman Kota Sampit.

Laporan itupun  ditindaklanjuti oleh petugas Disdamkarmat Kotim yang segera meluncur ke lokasi yang berada di Jalan Yos Sudarso tersebut.

Sebanyak 6 personel Disdamkarmat dikerahkan untuk menangani hal tersebut. Seorang petugas dengan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap maju untuk membasmi kerumunan binatang yang mempunyai nama latin Apis Koschevnikovi tersebut menggunakan metode burning system atau sistem pembakaran.

“Metode ini kami lakukan supaya lebah-lebah itu tidak beterbangan di lingkungan sekitar dan berpindah tempat, karena dapat mengakibatkan terganggunya kenyamanan, keamanan, dan ketertiban warga sekitar,” jelas Muhammad Febbry, salah seorang petugas Disdamkarmat Kotim.

Dalam waktu kurang lebih setengah jam, petugas Disdamkarmat Kotim berhasil membasmi koloni lebah madu tersebut. Serta, menyisiri sekitar Taman Kota Sampit untuk memastikan tidak ada sarang lebah yang tersisa di tempat wisata tersebut, namun tak ditemukan. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved