Berita Palangkaraya

H+1 Lebaran, Harga Ayam Tembus Rp 50 Ribu per Kg di Palangkaraya, Harga Kentang Relatif Stabil

H+1 Lebaran 2022 harga ayam di Pasar Besar Palangkaraya Rp 50 ribu per kilogram, sedangkan untuk harga kentang, kubis, dan wortel masih stabil

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Penjual daging ayam potong Anton, tampak sibuk saat melayani konsumen di Pasar Besar, Palangkaraya, Selasa (3/5/2022) malam. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Belum normalnya aktivitas jual beli di Pasar Besar Palangkaraya, membuat sejumlah komuditas cenderung melambung tinggi.

H+1 Lebaran 2022 harga ayam di Pasar Besar Rp 50 ribu per kilogram, sedangkan untuk harga kentang, kubis, dan wortel masih stabil.

Seperti yang dituturkan Anton, seorang penjual ayam potong di Pasar Besar, Palangkaraya, Kalimantan Tengah disela-sela melayani pembeli, Selasa (3/5/2022).

Menurutnya, penjualannya di H+1 Lebaran ini ramai dibanding tahun kemarin, karena beberapa para penjual ayam potong lainnya memilih mudik pulang kampung.

"Intinya penjualan ramai karena oleh yang lain tidak ada yang jual, ini per kg Rp 50 ribu," kata Anton.

Dia menyetok daging ayam broiler untuk 2 hari sejumlah 600 ekor, namun dia menilai daging ayam akan mengalami penyusutan berat dalam sehari.

Baca juga: Hari Pertama Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kawasan Pasar Besar Palangkaraya Tampak Sepi Pedagang

Oleh karena itu Anton menaikkan harga, "Yang jelas kalau tidak dinaikkan dalam 100 aja susutnya 30 kilogram dalam satu malam," ungkapnya.

Sedangkan, waktu berjualan daging ayam ras ini, anton sudah menggelar lapak dari pukul 16.30 WIB hingga 01.00 WIB.

Sementara itu, penjual sayur mayur jenis kentang, wortel dan kubis mengaku jualannya tak seramai tahun lalu, karena banyaknya warga Kota Palangkaraya yang mudik Lebaran.

Baca juga: Jelang Lebaran 2022, Harga Daging Sapi di Pasar Kahayan Palangkaraya Naik Rp 155 Ribu Perkilogram

Baca juga: Inflasi di Kalteng Maret 2022 Capai 0,80 Persen, Operasi Pasar Diharapkan Tekan Laju Inflasi

"Tahun lalu perjualan meningkat sekali, kalau tahun penjualan melempem. Karena bisa mudik itu orang lebih banyak pulang kampung," ucap penjual sayur mayur, Taufik.

Baginya tidak ada libur saat Lebaran, meskipun hasil tidak sesuai harapannya dibanding tahun lalu yang dapat panen raya, dia tetap bersyukur.

penjual kentang
Penjual sayur mayur jenis kentang, kubis dan wortel Taufik di Pasar Besar, Palangkaraya, Selasa (3/5/2022).

Dalam sehari, omzet berjualannya di momen Lebaran ini hingga Rp 2 juta, berbeda saat tahun lalu, Taufik dapat meraup omzet Rp 5 jutaan dalam sehari.

Untuk harga sayuran masih stabil, wortel lokal Rp 18 ribu, wortel impor Rp 20 ribu, kubis Rp 10 ribu, dan kentang Rp 20 ribu per kilogram. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved