Ramadhan 2022

Kulit Ketupat Mulai Diburu Masyarakat Palangkaraya untuk Lebaran 2022, Seikat Rp 10 Ribu

H-2 hari raya Idul Fitri 2022, masyarakat mulai memburu ketupat di pasar tradisional yang ada di Kota Palangkaraya, Penjual kulit ketupat raup untung

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Supiatun saat menganyam janur menjadi kulit ketupat untuk dijual kembali di Pasar Besar Palangkaraya, Sabtu (30/4/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Lebaran tak lengkap rasanya jika tanpa hidangan ketupat, yang dapat dimasak berbagai jenis makanan, seperti opor ayam, soto maupun lainnya.

H-2 hari raya Idul Fitri 2022, masyarakat mulai memburu ketupat di pasar tradisional yang ada di Kota Palangkaraya. Penjual kulit ketupat pun mulai bermunculan. Salah satunya di Pasar Besar Palangkaraya.

Supiatun salah seorang penjual kulit ketupat, terlihat merangkai janur dibentuk ketupat untuk dijual. Dia mengaku berjualan berkeliling di area Pasar Besar, Palangkaraya.

Karena menyewa lapak baginya mahal, dengan cara berkeliling dengan gerobak mengisi tempat yang kosong, membuatnya tak membayar sewa lapak.

"Ini saya jualan ketupat berkeliling nak, seikat harganya Rp 10 ribu isi 10 buah kulit ketupat juga jual pisang," kata Supiatun, kepada Tribunkalteng.com, Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Demi Idul Fitri 2022, Mbok Yem si Pemilik Warung di Puncak Lawu Mudik Lebaran 2022 Turun Gunung

Baca juga: Resep Opor Ayam Nikmat, Wajib Ada Saat Hari Raya

Harga Rp 10 ribu per ikat sudah pas, tidak bisa ditawar. Karena untungnya tidak seberapa. Dia menuturkan membeli janur sebagai dasar ketupat di Pasar Pagi.

Saat merangkai kulit ketupat, dia tak perlu waktu banyak. Tangannya cekatan membuat simpul-simpul janur itu. Ada yang berukuran sedang mapun besar.

Dalam sehari dia lebih menjual 10 ikat kulit ketupat tersebut. Berjualan dari pagi hingga waktu yang dirasanya cukup untuk pulang.

"Jam setengah 6 sudah berangkat, siang pulang istirahat untuk sembahyang, lalu berangkat lagi," beber Supiatun.

Baca juga: Kebutuhan Uang Kartal Kalteng, Ramadhan Hingga Idul Fitri 2022 Diperkirakan Capai Rp 2,4 Triliun

Sementara itu, Erni salah seorang pembeli kulit ketupat mengaku membeli untuk keperluan Lebaran yang sebentar lagi tiba, setelah berpuasa 30 hari lamanya.

"Untuk persiapan Lebaran, biasanya untuk dimasak sandingan soto atau opor ayam," tutur Erni.

Menurutnya makan ketupat saat Lebaran sudah membudaya di kalangan masyarakat, biasanya makan saat keluarga berkumpul silahturahmi saat hari raya Idul Fitri. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved