Berita Kalteng

Kebutuhan Uang Kartal Kalteng, Ramadhan Hingga Idul Fitri 2022 Diperkirakan Capai Rp 2,4 Triliun

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (KPwBI Kalteng) menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 3,3 triliun. 

Editor: Fathurahman
Istimewa
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Kalimantan Tengah, Yura Djalins. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (KPwBI Kalteng) menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 3,3 triliun. 

Kesiapan uang kartal tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Dana tersebut dipersiapkan untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan dan mesin ATM perbankan di wilayah Kalimantan Tengah.

Selain itu, juga untuk memenuhi kebutuhan uang di 5 (lima) Kas Titipan di Kalimantan Tengah, yakni Buntok, Nanga Bulik, Muara Teweh, Pangkalan Bun dan Sampit. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalin, Kamis (28/4/2022) menjelaskan, kebutuhan uang kartal dalam periode Ramadhan/Idul Fitri 1443 H khusus di Kalimantan Tengah diperkirakan sekitar Rp 2,4 triliun.

Baca juga: Dua Sepeda Motor Adu Kuat di Jalan Kinibalu Palangkaraya, 3 Korban Kritis 1 Meninggal Dunia

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, PT Jasa Raharja Kalteng Buka Posko Kesehatan dan Mobil Keselamatan

Baca juga: Jumat Mulai Cuti Bersama, Sekda Palangkaraya Tindak Tegas ASN Bolos Hari Pertama Kerja Usai Lebaran

"Terjadi peningkatan sebanyak 13 persen dari realisasi tahun 2021 yang sebesar Rp 2,1 triliun, seiring kenaikan aktivitas ekonomi yang telah muncul sejak triwulan IV 2021," ungkapnya.

Diungkapkan dia, Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan persiapan libur panjang Idul Fitri 1443 H.

Menurutnya, memasuki Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H ini, KPwBI Kalteng menjalankan 3 (tiga) langkah strategis guna memastikan ketersediaan uang di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi layak edar.

Melaksanakan kegiatan kas keliling luar kota wholesale pada paruh pertama Ramadhan kepada perbankan di daerah yang berada di luar wilayah kerja Kas Titipan yakni Pagatan, Samuda dan Seruyan pada 4-8 April 2022 serta Parenggean, Pundu, Kereng Pangi dan Kasongan pada 11-14 April 2022.

"Dari kedua kegiatan dimaksud arus uang yang keluar sebesar Rp 2,26 miliar," ungkapnya.

Selanjutnya di paruh kedua Ramadhan, kegiatan kas keliling difokuskan di dalam kota secara retail yang dilaksanakan pada tanggal 18, 25 dan 27 April 2022 menggunakan aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

Dari kedua kegiatan kas keliling dalam kota tersebut telah dikucurkan uang sebesar Rp 138,5 juta kepada masyarakat atau terserap sebesar 36,45 persen dari total modal kerja Rp 380 juta.

"Uang pecahan yang paling banyak diminati adalah pecahan 5.000 sebanyak 5.100 bilyet dan pecahan 2.000 sebanyak 5.000 bilyet," terangnya.

Pihaknya juga melakukan optimalisasi distribusi uang ke 5 (lima) Kas Titipan di Kalimantan Tengah, pada bulan Ramadhan ini telah dilakukan 4 kali pengiriman dan 3 kali penjemputan oleh bank pengelola untuk memenuhi kebutuhan uang di kas titipan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved