Ramadhan 2022

Juhu Baung Kanas Humbut, Menu Nikmat saat Berbuka Puasa Khas Dayak Kalteng

Berbuka puasa di bulan Ramadhan 2022 tak lengkap jika tak mencoba makanan Juhu Baung Kanas Humbut saat berada di Palangkaraya

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Menu Masakan Khas Dayak Kalteng, Juhu Baung Kanas Humbut. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Berbuka puasa di bulan Ramadhan 2022 tak lengkap jika tak mencoba makanan Juhu Baung Kanas Humbut saat berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menu tersebut merupakan makanan khas Dayak Kalteng. Ikan Baung yang dimasak berkuah dan dilengkapi buah nanas sebagai bahan utamanya.

Ikan Baung tidak memiliki sisik dan tubuhnya licin, seperti lundu dan ikan patin. Ikan Baung mempunyai tiga duri berbisa atau disebut patil, yaitu pada sepasang sirip dada dan satu sirip punggungnya.

Merupakan ikan yang hidup di perairan sungai Kalimantan. Ikan ini banyak dimanfaatkan sebagai lauk oleh masyarakat Kalteng, dengan beragam olahan.

Sedangkan buah nanas sendiri cocok disantap saat berbuka puasa karena mengandung berbagai jenis mineral, buah ini juga mengandung antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh.

"Juhu Baung Kanas Humbut juga sering diminati masyarakat selain paket hemat lainnya. Seperti ikan patin, lais, gabus dan lainnya," kata Erni, pemilik Rumah Makan Lewu PJB, kepada Tribunkalteng.com, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: Masakan Khas Dayak Kaya Bumbu Rempah Dipercaya Mampu Perkuat Imun Tubuh

Baca juga: Masakan Khas Dayak Kalteng Tersedia di Rumah Makan Samba di Palangkaraya

Selain itu menu adalannya adalah minuman Bunga Telang, di mana minuman tersebut diolah dari tumbuhan bunga telang yang tanam sendiri di Rumah Makan itu.

Rumah Makan yang terletak di Jalan Junjung Buih III, Palangkaraya tersebut menjual aneka makanan dan minuman khas Kalteng dengan memprioritaskan rasa, pelayanan dan kepuasan pengunjung.

Yang didekorasi dengan arsitektur unik berbentuk segitiga bermaterial kayu dan adapula arsitektur khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, Yance seorang koki di rumah makan itu membeberkan resep makanan Juhu Baung Kanas Humbut.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Makna Motif Batik Benang Bintik Khas Kalteng Balanga dan Kantong Semar

"Bawang putih, bawang merah, kunyit, laos, kemiri diulek. Lalu dimasukan ke dalam tempat. Jika ingin pedas silakan tambahkan lombok," terang Yance.

Setelah itu bumbu yang sudah diulek campurkan dengan Ikan Baung yang telah dipotong bersih. Tuangkan air secukupnya dan garam secukupnya.

Setelah mendidih dan bumbu sudah menyerap. Nanas yang sudah dipotong dimasukkan bersama kuah dan Ikan Baung. Selanjutnya siap disajikan. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved