Berita Sukamara

Dukung Ketahanan Pangan, Infrastruktur Kawasan Tambak Udang Vaname Sukamara Dibenahi

Pengembangan tambak udang vaname di Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah terus dilakukan pembenahan oleh Pemerintah Provinsi setempat.

Editor: Fathurahman
istimewa
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat memantau infrastruktur Kawasan Tambak Udang Vaname di Kabupaten Sukamara. 

TRIBUNKALTENG.COM, SUKAMARA- Pengembangan tambak udang di Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi setempat.

Upaya pengembangan udang vaname untuk ketahanan pangan di Kalteng terutama di Sukamara terus dilakukan secara serius oleh Pemprov Kalteng.

Gubernur H Sugianto Sabran melakukan pengecekkan Infrastruktur Pendukung Shimp Estate di Sukamara untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Orang nomor satu di Kalteng tersebut melakukan kunjungan kerja ke wilyah Kabupaten Sukamara.

Baca juga: Pembangunan Kawasan Tambak Udang Vaname Sukamara Terobosan Pemulihan Ekonomi Kalteng

Baca juga: Gubernur Sugianto Sabran Jadikan Sukamara Sebagai Lokasi Pengembangan Tambak Udang Vaname

Baca juga: NEWS VIDEO, Pemotor di Palangkaraya Dilarikan ke RS Tertimpa Pohon Tumbang

Gubernur meninjau langsung pembangunan kawasan Udang Vaname/Shrimp Estate di Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Selasa (1/3/2022). 

Sebagai upaya pemulihan ekonomi Kalteng ditengah pandemi Covid-19 saat ini, Gubernur menggagas terobosan berbasis lingkungan, salah satunya pengembangan kawasan tambak udang vaname/shrimp estate di Kabupaten Sukamara tersebut.

Dilakukan upaya percepatan pembangunan kawasan tambak udang vaname/shrimp estate Kalteng di kawasan tersebut.

“Perekonomian harus bergerak, kita jangan terjebak kondisi pandemi saat ini, inovasi untuk pemulihan ekonomi harus visioner menjangkau masa depan, jangan hanya kebijakan sesaat," ujarnya.

Saat ini pihaknya  mendorong dan mengupayakan peningkatan pemulihan ekonomi secara bertahap.

Salah satunya melihat kondisi penunjang seperti infrastruktur untuk kawasan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Shalahuddin juga mendampingi, saat H Sugianto Sabran melakukan pengecekan kondisi jalan masuk dengan lebar 20 m, sepanjang 100 m.

Pembangunan infrastruktur dimulai dari tepi poros ruas lunci - jelai- Jalan distribusi untuk  keperluan komplek tambak udang lebar 10 meter dan panjang 1.560 meter atau sekitar 1,6 km. 

Nantinya dimulai untuk tahap awal pembangunan jalan masuk dan jalan distribusi serta sejumlah sarana penunjang untuk mendukung kawasan shrimp estate.

Pembangunan jalan dari sebelumnya eksisting tanpa badan jalan. Upaya ini secara bertahap untuk dilakukan penunjang perekonomian,” kata Shalahuddin. 

Selain untuk penunjang peningkatan perekonomian, PUPR Provinsi Kalteng juga melakukan peningkatan pembangunan infrastruktur lainya di tahun 2022 ini disejumlah daerah. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved