Konsumsi Ramuan Daun Pepaya, Jahe, Madu dan Jeruk Nipis Obati Omicron? Ini Kata Ahli Obat Herbal

Beredar melalui medsos, ramuan herbal atau tradisional yang disebutkan ampuh untuk melawan Omicron

Editor: Dwi Sudarlan
shutterstock via kompas.com
Ilustrasi Omicron, varian baru virus corona yang lebih ganas dan memiliki daya menular lebih depat dibanding varian awal virus corona. Omicron ditetapkan WHO dengan status VOC yang berarti perlu sangat diperhatikan karena berbahaya. 

TRIBUNKALTENG.COM - Di tengah naiknya kasus Positif Covid-19 varian Omicron, beredar kabar orang yang terpapar bisa disembuhkan dengan mengonsumsi daun pepaya, jahe, madu dan jeruk nipis, benarkah?

Beredar melalui medsos, ramuan herbal atau tradisional yang disebutkan ampuh untuk melawan Omicron.

Dalam pesan berantai itu disebutkan orang yang Positif Covid-19 varian Omicron bisa cepat sembuh setelah mengonsumsi campuran daun pepaya, jahe, madu dan jeruk nipis.

Bahkan, disebutkan juga, apabila ada yang mengalami gejala Covid-19 seperti batuk, pilek dan hilang penciuman (anosmia), tidak perlu ke dokter, cukup disembuhkan melalui ramuan herbal.

Baca juga: Kasus Omicron Terus Naik, Luhut Minta Warga Usia 60 Tahun ke Atas Sebulan di Rumah Saja

Baca juga: Korban Omicron Terus Bertambah, MUI: Penuhi Syarat Ini, Sholat Jumat Boleh Diganti Sholat Dzuhur

Baca juga: Korban Omicron Terus Bertambah, Simak Aturan Terbaru Naik Pesawat Garuda, Citilink dan Lion Air

Dikatakan, apabila ke dokter atau menjalani pemeriksaan medis, kemudian dinyatakan Positif Covid-19, justru memicu stres sehingga menurunkan ketahanan tubuh.

Berikut pesan berantai itu:

"Obat OMICRON Ayo...disebar-luaskan ke temen2 & saudara2 semua, kalau ada yang batuk2, pilek, anosmia (tidak ada rasa penciuman) tidak usah dibawa ke dokter. Ambilkan daun pepaya yang tua + jahe 2 potong (secukupnya), dicuci bersih dengan air masak (karena akan dikonsumsi langsung), lalu diblender dengan air masak dan disaring, kemudian diperas kira2 menjadi setengah gelas. Kalau ada dikasih madu 1 atau 2 sendok makan, kalau terasa pahit bisa tambah 3 sendok madu, lebih baik lagi diperasin jeruk nipis. Obatnya itu saja, obat kampung mudah saja toh buatnya... Sudah terbukti banyak yang sembuh... ayo disebar-luaskan ke tetangga, saudara2 kalau ada yang kurang sehat, mulut pahit, enggak mau makan, enggak bisa mencium bau-bauan (anosmia), segera diobati itu saja, enggak usah dibawa ke dokter, nanti kalau dites positip malah drop/strees. Sebarkan kebaikan ini agar daerah kita, negeri kita, kota ini cepat zona hijau. Salam Sehat...." demikian isi pesan yang beredar di media sosial.

Benarkah informasi itu?

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR (Cand.) dr Inggrid Tania, M.Si, mengatakan bahwa pesan berantai tentang obat herbal untuk menyembuhkan infeksi Omicron termasuk kategori disinformasi (informasi yang tidak benar).

Namun, daun pepaya tua maupun muda serta jahe, memang diketahui memiliki sifat sebagai imunostimulan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bogor
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved