Breaking News:

Berita Kalteng

Sugianto Sabran Sarankan Bentuk Tim Terpadu Tangani Ruas Jalan Rusak Palangkaraya-Gumas oleh PBS

Sugianto Sabran, meminta dan menyarankan dinas teknis untuk menangani persoalan ruas jalan rusak Palangkaraya-Gumas oleh PBS

Penulis: Muhammad Lamsi | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Lamsi
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi pimpinan unsur Forkompinda Kalteng saat kegiatan di Aula Jayang Tingang, Rabu (4/1/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Orang nomor satu di Provinsi Kalteng Sugianto Sabran, meminta dan menyarankan dinas teknis untuk menangani persoalan ruas jalan rusak Palangkaraya-Gumas oleh PBS.

Dirinya meminta Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalteng, untuk segera turun tangan terkait truk operasional PBS yang melebihi tonasi melewati jalan umum tersebut.

"Jalan itu milik provinsi segera diurus dan lakukan kerjasama dengan pihak kehutanan, pertambangan, bentuk tim terpadu dan kalau membutuhkan TNI dan Polri segera buat tim terpadunya," ujarnya saat Apel di halaman kantor gubernur, Senin (3/1/2022).

Ungkap Sugianto Sabran, jalan umum Palangkaraya-Gumas harusnya tidak boleh dilalui truk-truk operasional PBS.

"Mereka PBS boleh saja lewat tetapi harus dengan syarat tertentu," tegasnya.

Baca juga: Perdana Masuk Kerja 2022, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Minta ASN Bekerja dengan Semangat

Baca juga: Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Santai Tanggapi Ancaman Pembunuhan, Polda Tunggu Laporan Korban

Sebelumnya beberapa waktu lalu Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, agar PBS membuat jalan khusus untuk angkutan PBS tersebut.

"Kita sarankan agar PBS yang ada membuat jalan koridor khusus, misalnya dari jalur mana menuju sungai untuk angkutan yang lebih cepat. Baik itu perkayuan, pertambangan, dan lain-lainnya," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, pembuatan jalan koridor khusus angkutan PBS itu merupakan satu diantara solusi jangka panjang, yang tepat untuk kesejahteraan bersama.

Baca juga: Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran Geram di Saat Banjir, Praktik Pembalakan Liar Masih Terjadi

"Namun untuk mewujudkan hak tersebut, perlu peran aktif dari seluruh pihak termasuk para pengusaha-pengusaha pemilik PBS," tambahnya.

Hingga saat ingin Pemprov Kalteng terus berkoordinasi dan mendorong pemerintah daerah terkait, untuk dapat menyelesaikan segala permasalahan dengan bijak.

"Langkah-langkah Ini masih kita rumuskan, bersama dengan pemerintah daerah di kabupaten dan pihak swasta, mudah-mudahan, ini dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalah serupa di daerah lainnya," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved