Breaking News:

Berita Seruan

Debit Air Sungai Terus Dipantau, Antisipasi Kemungkinan Banjir di Seruyan Kalteng

Seringnya turun hujan di Kalimantan Tengah dengan intensitas cukup tinggi belakangan ini rawan menyebabkan banjir sehingga

Foto Polres Seruyan
Petugas dari Polres Seruyan dan BPBD setempat saat melakukan pengecekan debit air sungai di Seruyan. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG,COM, SERUYAN - Seringnya turun hujan di Kalimantan Tengah dengan intensitas cukup tinggi belakangan ini rawan menyebabkan banjir sehingga dalam mengantisipasinya peningkatan debit air di sejumlah sungai terus dipantau sebagai upaya antisipasi.

Upaya deteksi dini dilakukan oleh aparat kepolisian Polres Seruyan , Kalimantan Tengah, untuk memantau debit air di sungai yang ada di Kuala Pembuang Ibu Kota Kabupaten Seruyan, dalam mengantisipasi potensi banjir serta kemungkinan terjadi longsor di wilayah Seruyan.

Meskipun hingga, Kamis (21/1/2021) debit air sungai di Seruyan terpantau masih relatif normal belum ada kenaikan yang signifikan yang bisa menyebabkan meluap ke daratan. Warga Kuala Pembuang pun terus waspada selama hujan turun dengan intensitas tinggi rawan menyebabkan banjir.

Baca juga: Tinjau Kalsel, Menko Muhadjir Sebut Daya Tahan Lingkungan Kalsel Lemah

M Nashir, salah satu warga Jalan Ahmad Yani Kuala Pembuang mengatakan, hujan memang dalam beberapa hari ini turun cukup sering, dengan intensitas cukup tinggi, namun belum ada tanda-tanda air pasang hingga meluap ke jalan atau permukiman."Debit air masih normal saja sampai hari ini," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono dan Kepala BPBD Seruyan Agung Sulistiono, melakukan pengecekan debit air di Das Seruyan sekaligus memantau kondisi cuaca sebagai upaya antisipasi dini mencegah kerawanan luapan air sungai.

Upaya deteksi dini terkait kondisi cuaca dengan menyiapkan langkah langkah dalam meminimalisir kejadian banjir." Kami melakukan deteksi dini, bersamaa BPBD melakukan pengecekan debit air sungai Seruyan serta lahan dan hutan melihat kondisi karhutla dan mengimbau warga untuk kewaspadaan," ujarnya. (Tribunkalteng.com / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved