Breaking News:

Wabah Corona di Kalteng

Klaster Keluarga Bermunculan di Kalteng, Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Makin Diperketat

GTPP Covid-19 Kalteng dan gugus tugas se-kabupaten kota Kalteng makin perketat pendisiplinan protokol kesehatan menyusul muncul klaster baru

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
TRIBUN KALTENG.COM/FATURAHMAN
H Sugianto Sabran, Gubernur Kalteng yang juga Ketua GTPP Covid-19. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Kalimantan Tengah dan GTPP Kabupaten dan Kota se Kalteng saat ini memperketat pendisiplinan Protokol Kesehatan, karena mulai banyak bermunculan klaster keluarga yang menyebabkan hingga, Senin (21/9/2020) jumlah pasien tertular Covid-19 terus bertambah.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran yang juga Ketua GTPP Covid-19 Kalimantan Tengah, melalui press rilisnya, menyampaikan munculnya klaster-klaster baru Covid-19 termasuk klaster keluarga membuat kedisiplinan akan protokol kesehatan perlu semakin ditegakkan.

Sehingga saat ini semua daerah mengetatkan protokol kesehatan dengan memberikan sanksi kepada pelanggarnya.

Kewaspadaan dan pengetahuan terkait pencegahan penularan benar-benar perlu dipahami. Adapun protokol isolasi untuk anggota keluarga yang positif Covid-19 menurut Palang Merah Indonesia (PMI) yakni gunakan kamar dan kamar mandiri tersendiri bila memungkinkan.

Lakukan Olah TKP, Polisi Selidiki Kebakaran Pasar Pujon Kapuas

Kebakaran Pasar Pujon Kapuas, Bantuan Mulai Mengalir untuk Warga Terdampak

Insiden Berdarah di Desa Barunang, Pelaku Pembunuhan Diamankan Polsek Kapuas Tengah

Selalu menggunakan masker, pantau suhu tubuh dan frekuensi pernapasan anggota keluarga yang sakit setiap hari. Apabila kondisi kesehatan menurun, segera hubungi ke layanan kesehatan.

"Dalam kamar upayakan terpapar sinar matahari 15-30 menit setiap hari. Pastikan ruangan cukup sinar matahari dan sirkulasi udara baik," ujarnya.

Bukan hanya itu, ganti seprai setiap hari jika diperlukan, rendam sprai dan pakaian bekas dengan larutan klorin 0,5 persen (bayclin/detergen) selama 10 menit, kemudian cuci dan jemur.

Bersihkan kamar paling sedikit 1 kali sehari.Sediakan tempat sampah tertutup di dalam kamar, lapisi dengan kantong plastik, dan dibuang setiap hari.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah ini, menyampaikan, sebelum menolong anggota keluarga yang sakit, cucilah tangan dengan sabun di air mengalir, dan sesudahnya disarankan untuk mandi.

"Gunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan, apron, dan alas kaki. Jangan menyentuh wajah ketika masih memakai Alat Pelindung Diri (APD) dan tetap menjaga jarak dengan anggota keluarga yang sakit," ujarnya.

(tribunkalteng / faturahman)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved