Breaking News:

Berita Kotim Kalteng

Sungai Katingan Kalteng Meluap, Banjir Rendam Rumah dan Fasilitas Umum

Tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari ini ternyata juga merendam sejumlah rumah dan sekolah di Kasongan Kabupaten Katingan, Kalimant

Foto Polres Katingan
Polisi dan warga membantu warga dan pengendara yang ingin melalui jalan negara arah Kasongan-Tumbang Samba, Katingan, Kalteng menggunakan perahu rakitan. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KASONGAN - Tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari ini ternyata juga merendam sejumlah rumah dan sekolah di Kasongan Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Bahkan, jalan penghubung Tumbang Samba dan Kasongan juga terendam.

Genngan air cukup tinggi sehingga merendam rumah warga dan fasilitas umum yang ada di Kasongan Ibu Kota Kabupaten Katingan dan Kecamatan di Tumbang Samba Katingan.

Warga setempat mengeluhkan banjir yang dalam tahun 2020 ini cukup tinggi menggenangi rumah mereka sehinga sebagian warga mulai mengungsi.

Sejumlah desa di Katingan dikabarkan terendam banjir akibat luapan Sungai Katingan tersebut. Salah satu desa yang terdampak cukup parah adalah Desa Tumbang Lahang, Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalteng yang mengakibatkan banyak rumah warga terwndam.

Banjir Rendam Jalan Seruyan Tengah, Ranmor Terpaksa Diseberangkan Pakai Rakit

Sanksi Pelanggaran Protokol Kesehatan, Bawaslu Kalteng Tunggu Aturan Pusat

Banjir menggenangi rumah warga dan beberapa ruas jalan negara yang menghubungkan Kota Kasongan – Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah."Banjir ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya.

Akibatnya sangat mengganggu aktifitas warga, karena selain jalan, rumah dan fasilitas lainnya seperti sekolah juga terendam, untuk pembelajaran masih lewat media daring," ujar Kusma, warga Kasongan, Minggu (13/9/2020).

Kondisi ketinggian genangan air di Katingan hingga mencapai 50 cm terutama di di ruas jalan negara arah Kasongan- Tunbang Samba.

Dampaknya kendaraan bermotor tidak bisa melintasi jalan tersebut, kemudian warga bersama anggota polri pun membantu membuatkan rakit untuk penyeberangan pemotor.

Brigpol Saputra Nordiansyah Bhabinkamtibmas Desa Tumbang Lahang, berinisiatif bersama warga setempat dalam membuat rakit Tau perahu getek untuk sarana membantu menyeberangkan kendaraan sepeda motor warga yang ingin melintas ruas jalan yang terendam banjir tersebut.

Kapolsek Katingan Tengah Ipda Bahrul Ilmi melalui Bhabinkamtibmas Brigpol Saputra Nordiansyah mengatakan, dia bersama warganya bekerjasama membiat rakit , untuk membantu korban banjir maupun pengendara yang tidak bisa lewat jalan negara yang terendam.

"Ini, merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kepada warga yang ingin melintasi ruas jalan yang terendam banjir tersebut," ujarnya.

Meskipun, perahu getek atau rakit yang dibuat hanya bisa untuk menyebarangkan orang dan kendaraan roda dua saja.

" Setidaknya , tentunya bisa sedikit membantu warga yang ingin melintas menggunakan sepeda motor sehingga perjalan tidak terganggu karena banjir," ujarnya. (tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved