Breaking News:

Listrik Gratis PLN

Pemerintah Perpanjang Program Listrik Gratis PLN Hingga Desember 2020

Program listrik gratis untuk pelanggan golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi resmi diperpanjang pemerintah.

Editor: Rahmadhani
PT PL (Persero) UIW KSKT
Ilustrasi - Petugas PLN sedang melayani warga. 

TRIBUNKALTENG.COM - Program listrik gratis untuk pelanggan golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi resmi diperpanjang pemerintah.

Program listrik gratis untuk pelanggan golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi diperpanjang hingga Bulan Desember 2020.

Semula, stimulus tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi hanya diberlakukan hingga September 2020.

Namun, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang hingga akhir tahun, setelah melihat dampak pandemi Covid-19 yang masih dirasakan oleh masyarakat hingga saat ini.

"Kita tenggarai dampak pandemi terus belanjut, maka negara hadir kembali," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/8/2020).

Tersangkut Jembatan, Kapal LCT Bermuatan Alat Berat Oleng LaluTerbalik di Sungai Mantangai Kapuas

Akhirnya Kemendikbud & Satgasnas Covid-19 Bolehkan Sekolah Tatap Muka, Pemda Diminta Mengawasi

Lebih lanjut, Rida memaparkan, berdasarkan data pemerintah total ada sekitar 24,16 juta pelanggan 450 VA serta 7,72 juta pelanggan 900 VA yang akan menerima tambahan wakt insentif ini.

Untuk merealisasikan stimulus tersebut hingga Desember mendatang, pemerintah sudah siapkan dana tambahan yang akan dibayarkan kepada PT PLN (Persero) adalah Rp 12,18 Triliun terhitung dari bulan April.

"Kira-kira anggaran yang perlu dikeluarkan pemerintah selama 9 bulan Rp 12,18 triliun di paket pertama ini dan ini sudah disepakati di pemerintah," ujar Rida.

Rencananya, pembayaran stimulus akan digabungkan dengan pembayaran subsidi yang setiap bulannya dibayarkan pemerintah.

Pasalnya, sebelum pandemi Covid-19 merebak, kedua golongan pelanggan listrik PLN tersebut sudah mendapatkan subsidi, yang setiap bulan dibayar oleh kas negara.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved