Berita Kapuas

Usulkan Laboratorium Swab Mandiri, RSUD Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Berharap Dikabulkan

emkab Kapuas mengusulkan fasilitas laboratorium pemeriksaan swab berbasis Rapid Test Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) secara mandiri

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/fadly setia rahman
Direktur RSUD dr H Soemarno Sostroatmodjo Kualakapuas, dr Agus Waluyo. 

Editor : Hari Widodo

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS -  Dalam rangka percepatan penanggulangan wabah Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas telah mengusulkan adanya pembangunan sarana dan prasarana (sarpras)  RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kualakapuas.

Sebagaimana arahan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat terkait percepatan penanganan virus Covid-19, yang ditindaklanjuti RSUD dr H Soemarno Sostroatmodjo Kualakapuas, Dinas Kesehatan dan tim Gugus Tugas penanganan Covid-19.

Direktur RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kualakapuas, dr Agus Waluyo mengatakan usulan tersebut akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk diteruskan ke Kementerian Kesehatan.

"Kami berharap usulan ini dapat disetujui dan segera direalisasikan, mengingat keberadaan fasilitas ini sangatlah penting peruntukannya guna percepatan penanggulangan wabah Covid-19 ini agar tidak lebih meluas penyebarannya," kata dr Agus, Kamis (25/6/2020).

Ahli Mikrobiologi Sebut Sampel Tes Swab Bisa Rusak Jika Disimpan Lebih dari 5 Hari

Ikut Tes Swab Massal, Pasien Positif Covid-19 di Banjarmasin Sempat Bikin Warga Khawatir

Danposal Kumai Lanal Banjarmasin Ini Jadi Sopir Ambulans Dadakan, Demi Bantu Warga Tes Swab

Dilanjutkannya, sarpras tersebut sebagai upaya memudahkan sekaligus agar dapat mengetahui dengan cepat dengan Test Cepat Monokoler (TCM).

Terkait status pasien yang saat ini sedang menjalani penanganan medis baik di RSUD maupun yang sedang menjalani karantina di NSD Kapuas.

"Terutama bagi mereka yang sudah menjalani pemeriksaan lanjutan berdasarkan Rapid Test dan Swab apakah hasilnya positif terkonfirmasi atau tidak," ujarnya.

Disampaikannya pula, saat ini pemeriksaan masih tergantung dengan RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya dan juga salah satu Laboratorium di Banjarbaru guna mengetahui hasil.

RESMI! Laboratorium Swab Covid-19 RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya Beroperasi

Padahal Kabupaten Kapuas cukup tinggi angka positif covid-19. Pengujian dengan swab ini penting dilakukan guna mempercepat tindakan bagi para pasien yang positif Covid-19.

"Secara berjenjang untuk tahap awal kami akan usulkan laboratorium yang standar ke Dinas Kesehatan provinsi. Saat ini tim kami dengan Dinas PU sedang merancang bangunan tersebut," pungkasnya.

(tribunkalteng.com/fadly sr)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved