Berita Kapuas

Kecamatan Kapuas Kuala Target Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, memiliki berbagai macam potensi khususnya potensi hasil perikanan

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: edi_nugroho
Tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman
Kepala Disdagperinkop dan UKM Kabupaten Kapuas, Batu Panahan 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, memiliki berbagai macam potensi khususnya potensi hasil perikanan, dikarenakan kecamatan tersebut wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) berbatasan dengan laut.

Namun, potensi tersebut selama ini belum diolah secara maksimal, untuk itu Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi (Disdagperinkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menargetkan Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan di Kecamatan Kapuas Kuala.

Satpol PP Kapuas Cek Penerapan Protokol Kesehatan di Perkantoran Inilah Peraturannya

Nanti rencananya akan direalisasikan pada tahun 2021 mendatang dan tentunya sejak kini dipersiapkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Disdagperinkop dan UKM Kabupaten Kapuas, Batu Panahan.

Ia mengatakan pengembangan ekonomi kerakyatan merupakan strategi pembangunan yang menempatkan sektor ekonomi rakyat sebagai sasaran utama pembangunan.

Polda Kalteng dan Kalsel Gelar Operasi Penangkapan Pencuri Baterai BTS

"Sentra Industri wajib dicanangkan di Kecamatan Kapuas Kuala, karena wilayah kecamatan ini memiliki potensi sumber daya kelautan yang berlimpah," katanya, Kamis (25/6/2020).

Dilanjutkannya, yang terpenting adalah masyarakat sudah siap menghadapi pasar bebas ekonomi asia.

"Untuk itu perlu dukungan dari pemerintah kecamatan dan desa melalui BUMDes untuk mempromosikan hasil produksi lokal," ujarnya.

Batu Panahan berharap kesiapan produk olahan warga terakomodir untuk melalui pangsa pasar yang disiapkan.

Baik melalui pasar tradisional atau pun BUMDes dan nantinya dipromosikan dijual beli online dan diakomodir oleh bidang perdagangan.

Hot Spot Kalteng Capai 707 Titik, Pemprov Ajukan Raperda Sebagai Payung Hukum

"Ke depan untuk pemasaran hasil olahannya akan dibantu melalui jual beli online sehingga pengembangan sentra industri hilir bisa berkembang di sana. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan di sana," ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, ia mengatakan untuk memaksimalkan program itu harus disiapkan infrastruktur jalan dan jembatan serta pasar.

Yang paling utama perlu disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Apabila sentra, ia mengatakan pihaknya akan melatih keterampilan warga disana sesuai dengan keahlian mereka.

Ia menuturkan, jika SDM sudah dipersiapkan, kemudian peralatan industri untuk pengolahan keripik udang, maupun ikan asin untuk membantu pengolahan produk olah masyarakat melalui tangan terampil yang sudah dipersiapkan.

"Paling tidak masyarakat sebagai pelaku usaha mampu mengolah hasil perikanan tersebut sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat," pungkasnya. (Tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved